DONASI BIBIT UNTUK PETANI KOTA YOGYAKARTA

Kegiatan pertanian di Kota Yogyakarta semakin berkembang seiring dengan waktu. Selain sebagai hobi dan mengisi waktu luang, kesadaran masyarakat untuk menyediakan sumber pangan yang sehat dan terjangkau melalui pemanfaatan pekarangan juga semakin tinggi. 

Peningkatan ketersediaan pangan adalah salah satu unsur gerakan “Tanggap Pangan” yang wajib dilaksanakan oleh pelaku utama, pelaku usaha, penyuluh, petugas dan insan pertanian pada umumnya dalam rangka menghadapi dan mengantisipasi dampak Pandemi Covid 19. Di Kota Yogyakarta, hal tersebut dapat dilakukan dengan tetap giat melaksanakan kegiatan usaha tani melalui pemanfaatan pekarangan walaupun pada masa sulit seperti saat ini.

Sebagai salah satu bentuk dukungan kepada petani, Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta mencanangkan Program Donasi Bibit Untuk Petani Kota Yogyakarta. Donasi berasal dari pejabat, pegawai dan karyawan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta berupa bibit, benih dan media tanam yang merupakan kebutuhan utama petani untuk bercocok tanam.

Bibit yang diberikan adalah bibit sayuran, dengan pertimbangan masa panen yang tidak terlalu lama sehingga dapat segera dirasakan manfaatnya oleh petani dan masyarakat. Selain bibit adapula benih dan media tanam, dengan harapan kegiatan budidaya sayuran oleh kelompok tani dapat dilakukan secara berkelanjutan. Hasil dari budidaya sayuran di pekarangan dapat dimanfaatan sebagai lumbung pangan untuk ketahanan pangan keluarga dan masyarakat.

Dengan didasari semangat gotong royong dan gandeng gendong, pemberian donasi ini bertujuan untuk mempertahankan dan menambah semangat para petani di Kota Yogyakarta untuk terus menanam, terutama di masa Pandemi Covid 19 ini.

Donasi diberikan kepada lebih dari 30 kelompok tani yang tersebar di 14 kecamatan di Kota Yogyakarta. Wakil Walikota Yogyakarta Bapak Drs. Heroe Poerwadi, M.A berkesempatan untuk memberikan secara langsung donasi dari Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta tersebut kepada kelompok tani di beberapa wilayah.

Salah satunya di Kelurahan Wirogunan pada hari Minggu Tanggal 7 Juni 2020, bersamaan dengan adanya gerakan Masyarakat Berbagi Sayuran. Pada kesempatan tersebut donasi bibit diberikan kepada KWT Rotu Asri dan Relawan Hijau Kelurahan Wirogunan.

Dalam sambutannya, Beliau menyampaikan” Yogyakarta itu adanya karena kita saling membantu. Bergandengan, Bergendongan, Itulah Yogyakarta”. Selanjutnya penyerahan donasi dilaksanakan pada hari Jumat Tanggal 12 Juni 2020 di Kelurahan Kota Baru bersamaan dengan kegiatan Pelepasan Relawan Caping Hijau, dimana donasi akan diberikan kepada Klp.Tani Code Gumregah.

Donasi ini bersifat stimulan, sehingga diharapkan petani dapat secara swadaya mengembangkannya. Diharapkan bibit, benih dan media yang telah diterima oleh kelompok tani tidak hanya dimanfaatkan oleh anggota kelompok, namun juga disebarluaskan di masyarakat sekitar kelompok tani.

Sita Diani Putri, S.P

Penyuluh Pertanian Pertama