Potensi Ikan Hias Kota Yogyakarta

Salah satu usaha yang dapat dioptimalkan di area perkotaan adalah budidaya ikan hias. Ikan hias yang dibudidayakan dapat dipilih yang berukuran kecil dan memiliki nilai jual yang tinggi. Pembudidayaan ikan hias juga dapat menekan biaya pakan karena pakannya lebih banyak mengandalkan pakan alami seperti kutu air dan jentik nyamuk yang bisa diproduksi sendiri dengan mudah dan murah. Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Pertanian dan Pangan sejak tahun 2017 telah mengembangkan potensi budidaya ikan hias melalui mitra kelompok pembudidaya dan komunitas ikan hias di Kota Yogyakarta.

Kolam Ikan Hias Kelompok Banyu Bening

Terdapat dua kelompok pembudidaya ikan di Kota Yogyakarta yaitu Banyu Bening dan Mina Betta. Kelompok Banyu Bening yang berdiri sejak tahun 2008 dan berlokasi di Karangkajen, Kelurahan Brontokusuman, Kecamatan Mergangsan berfokus pada budidaya ikan manfish, platy, dan guppy. Kelompok tersebut juga mengembangkan pembudidayaan ikan cupang, rainbow, dan zebra sebagai tambahan pengembangan komoditas kelompok. Kelompok Mina Betta yang berdiri sejak tahun 2018 dan berlokasi di Dukuh, Kelurahan Gedongkiwo, Kecamatan Mantrijeron berfokus pada pembudidayaan ikan cupang kualitas kontes. Produk budidaya kelompok tersebut sudah menjuarai berbagai kejuaraan ikan hias baik nasional maupun internasional. Kedua kelompok tersebut oleh dinas disediakan ruang tampil di kompleks Sub Raiser Ikan Hias sebagai sarana pemasaran produk kelompok. Masyarakat Kota Yogyakarta diharapkan dapat “mayoni tanggane dewe” sehingga kelompok dalam kota lebih berkembang.

Ketua Kelompok Ikan Mina Betta

Ketua Kelompok Ikan Banyu Bening

Ruang tampil di kompleks Sub Raiser Ikan Hias disediakan untuk kelompok pembudidaya dan komunitas ikan hias Kota Yogyakarta. Ruang tersebut diresmikan pada tahun 2020 dengan tema EXPO Ikan Hias. Komunitas yang tampil di ruang tersebut adalah komunitas ikan predator, ikan koi, dan ikan guppy. Membaurnya kelompok dan komunitas diharapkan dapat menggerakkan hati para penghobi ikan hias untuk dapat membudidayakan ikan hias dan membentuk kelompok buidaya. Kelompok budidaya menjadi program andalan pembinaan dan pendorong masyarakat kota untuk mengembangkan usaha mandiri.

Ekspo Ikan Koki di Sub Raiser