Forum Komunikasi Pimpinan Tinggi Kelautan dan Perikanan Daerah Istimewa Yogyakarta

Forum Komunikasi Pimpinan Tinggi (FORKOPIM) Kelautan dan Perikanan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan ajang silaturahmi, komunikasi dan koordinasi jajaran pimpinan dinas yang membidangi kelautan dan perikanan di DIY. Acara tersebut diadakan setiap tiga bulan sekali dengan lokasi bergilir dari masing-masing kabupaten/kota. Pada hari Selasa, 29 September 2020 kegiatan FORKOPIM diampu oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo dan dilaksanakan di Hutan Wisata Mangrove Jembatan Api-api, Kulon Progo.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislautkan) DIY, Kepala Dislautkan Kulon Progo, Kepala Dislautkan Gunung Kidul, Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Sleman, Kepala Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Bantul, dan Ir. Suyana selaku Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta. Paparan program dan kegiatan kelautan dan perikanan DIY disampaikan dalam rangka mendukung kabupaten/kota dalam pengembangan kearifan lokal dan potensi budaya melalui kegiatan Pengembangan Budaya Bahari. Kegiatan tersebut diantaranya: pameran produk kelautan dan perikanan, lomba masak ikan tingkat provinsi, pelatihan perikanan tangkap, pelatihan budidaya ikan lele dalam ember (budikdamber), pelatihan ikan hias dan aqua scape, dan lain sebagainya.

Kegiatan tersebut diharapkan dapat menunjang upaya pencapaian visi dan misi Pemerintah Daerah Kota Yogyakarta dalam mewujudkan peningkatan kemuliaan martabat manusia jogja. Hasil kegiatan tersebut telah disampaikan kepada bidang yang membidangi urusan perikanan Kota Yogyakarta untuk dapat segera ditinjaklanjuti. Diharapkan hasil tindak lanjut tersebut nantinya dapat menunjang pertumbuhan dan kemandirian ekonomi masyarakat Kota Yogyakarta melalui bidang perikanan.