Selamat Datang di Web Site Resmi Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta
 Sitadianiputri,    02 Oktober 2020 BUDIDAYA KENTANG "KLECI" DALAM POLYBAG DAN WALL PLANTER
BUDIDAYA KENTANG

Tampilan tanaman kentang kleci dalam polybag ini sangat menarik. Kentang kleci yang biasanya dibudidayaka di lahan pertanian sawah dan rata-rata di dataran tinggi ini dicoba untuk di tanam oleh Kelompok Tani Ngremboko, Kelurahan Kricak, Kecamatan Tegal Rejo yang diketuai oleh Bapak H. Sadiran.

Penanaman kentang kleci dalam polibag adalah inovasi alternatif yang dapat diterapkan pada lahan sempit, seperti halaman perumahan perkotaan, lorong, gang, sekolah, perkantoran dan lain -lain. Kentang kleci di Kelompok Tani Ngremboko ditanam pada polybag dan wallplanter. Polybag yang digunakan adalah ukuran minimal 35 cm agar memperoleh hasil yang optimal. Dapat juga ditanam pada wallplanter dengan volume media tanam yang penuh.

Kelebihan penanaman dalam polibag adalah mudah dalam pemeliharaan (penyiraman, pemupukan, pengendalian hama dan penyakit) dan pengaturan tempat. Kentang kleci dalam polybag ini dapat dipanen pada umur 90 HST.

Kentang kleci merupakan tanaman jenis terna yang menjalar dan semak yang bisa digunakan sebagai diversifikasi pangan sebagai sumber karbohidrat. Bagian yang dipanen adalah bagian umbi. Kentang kleci dapat dinikmati dengan cara direbus atau dicampur sayuran.

Atas dasar kandungan senyawa penting dalam kentang kleci maka pengembangan tanaman ini memiliki prospek yang sangat baik untuk dikembangkan dalam polibag sebagai alternatif pangan sumber karbohidrat keluarga dan masyarakat pada umumnya.

 

 

Yuanita Ari Astuti, S.Pt

Penyuluh Pertanian Muda

 

 

Pertanian kentang kleci
  (13 nilai)
Pencarian
Video Youtube
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat57.05%
Cukup Bermanfaat8.72%
Bermanfaat4.7%
Kurang Bermanfaat5.37%
Agenda Rapat
Senin / 26 Oktober 2020
07:30 WIB ~ 09:30 WIB
Ruang Rapat Raja Bagus

Senin / 26 Oktober 2020
09:00 WIB ~ 12:00 WIB
Ruang Rapat Mas Kirana

Selasa / 27 Oktober 2020
07:30 WIB ~ 11:30 WIB
Ruang Rapat Mas Kirana

Statistik Pengunjung
Hari Ini Kemarin Bulan Ini Tahun Ini Total Pengunjung
Lokasi Kantor
Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)
Kota Yogyakarta

NO2

O3

CO

SO2

PM10


Kosentrasi PM 2.5 per Jam

Tautan Terkait


Tautan Terkait