BUDIDAYA KENTANG

Tampilan tanaman kentang kleci dalam polybag ini sangat menarik. Kentang kleci yang biasanya dibudidayaka di lahan pertanian sawah dan rata-rata di dataran tinggi ini dicoba untuk di tanam oleh Kelompok Tani Ngremboko, Kelurahan Kricak, Kecamatan Tegal Rejo yang diketuai oleh Bapak H. Sadiran.

Penanaman kentang kleci dalam polibag adalah inovasi alternatif yang dapat diterapkan pada lahan sempit, seperti halaman perumahan perkotaan, lorong, gang, sekolah, perkantoran dan lain -lain. Kentang kleci di Kelompok Tani Ngremboko ditanam pada polybag dan wallplanter. Polybag yang digunakan adalah ukuran minimal 35 cm agar memperoleh hasil yang optimal. Dapat juga ditanam pada wallplanter dengan volume media tanam yang penuh.

Kelebihan penanaman dalam polibag adalah mudah dalam pemeliharaan (penyiraman, pemupukan, pengendalian hama dan penyakit) dan pengaturan tempat. Kentang kleci dalam polybag ini dapat dipanen pada umur 90 HST.

Kentang kleci merupakan tanaman jenis terna yang menjalar dan semak yang bisa digunakan sebagai diversifikasi pangan sebagai sumber karbohidrat. Bagian yang dipanen adalah bagian umbi. Kentang kleci dapat dinikmati dengan cara direbus atau dicampur sayuran.

Atas dasar kandungan senyawa penting dalam kentang kleci maka pengembangan tanaman ini memiliki prospek yang sangat baik untuk dikembangkan dalam polibag sebagai alternatif pangan sumber karbohidrat keluarga dan masyarakat pada umumnya.

 

 

Yuanita Ari Astuti, S.Pt

Penyuluh Pertanian Muda