Selamat Datang di Web Site Resmi Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta
 Sitadianiputri,    12 Oktober 2020 PANEN PAKCOY DI BPP NITIKAN, SIMAK CARA PANEN DAN PASCA PANEN NYA
PANEN PAKCOY DI BPP NITIKAN, SIMAK CARA PANEN DAN PASCA PANEN NYA

Kaji terap budidaya sayuran yang dilaksanakan oleh Penyuluh Pertanian di BBP Nitikan telah memasuki masa panen. Pagi ini kegiatan panen dilakukan untuk komoditas pakcoy dan kangkung. Pakcoy dipanen pada umur 40 HST, sedangkan kangkung dipanen pada umur 30 HST.

Umur panen harus menjadi pertimbangan saat akan memanen sayuran. Pakcoy dapat dipanen pada umur 40-50 hari setelah tanam. Ciri - ciri tanaman yang telah layak panen yaitu memiliki daun yang tumbuh subur dan berwarna hijau segar, pangkal daun tampak sehat, serta ketinggian tanaman seragam dan merata.

Panen pakcoy dilakukan dengan cara memetik pangkal daunnya menggunakan gunting atau dicabut langsung dengan akarnya dari dalam tanah. Pemanenan dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak bagian pangkal dan daun. Kerusakan hasil panen menurunkan nilai ekonomis sayuran dan membuat komoditas sayuran mudah membusuk.

Selama proses panen, pakcoy sebaiknya dihindarkan dari paparan sinar matahari langsung, hal ini dilakukan agar hasil panen tidak mudah layu. Setelah dipanen, pakcoy dibersihkan dari sisa - sisa tanah yang menempel dan dilakukan sortasi untuk memisahkan bagian-bagian yang bagus dan bagian yang kurang bagus atau rusak saat proses panen.

Untuk memperoleh hasil yang berulang, kangkung dapat dipanen dengan cara dipangkas. Ujung tanaman dipangkas sekitar 30 cm agar tumbuh banyak cabang. Hasil pangkasan ini merupakan panen pertama yang dapat dijual atau dikonsumsi. Pemungutan hasil selanjutnya dilakukan dengan cara ujung cabang dipangkas setiap 15 hari sekali.

Sayuran di BPP Nitikan dibudidayakan tanpa perlakuan bahan kimia apapun, baik pupuk kimia, insektisida maupun pestisida kimia. Hal ini sesuai dengan apa yang selalu disampaikan oleh Penyuluh Pertanian kepada Petani agar seminimal mungkin menggunakan bahan - bahan kimia untuk perawatan tanaman, terutama yang akan dikonsumsi sendiri.

 

Sita Diani Putri, SP

Penyuluh Pertanian Pertama

Pertanian pakcoy kangkung panen pascapanen
  (19 nilai)
Pencarian
Video Youtube
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat57.05%
Cukup Bermanfaat8.72%
Bermanfaat4.7%
Kurang Bermanfaat5.37%
Agenda Rapat
Senin / 26 Oktober 2020
07:30 WIB ~ 09:30 WIB
Ruang Rapat Raja Bagus

Senin / 26 Oktober 2020
09:00 WIB ~ 12:00 WIB
Ruang Rapat Mas Kirana

Selasa / 27 Oktober 2020
07:30 WIB ~ 11:30 WIB
Ruang Rapat Mas Kirana

Statistik Pengunjung
Hari Ini Kemarin Bulan Ini Tahun Ini Total Pengunjung
Lokasi Kantor
Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)
Kota Yogyakarta

NO2

O3

CO

SO2

PM10


Kosentrasi PM 2.5 per Jam

Tautan Terkait


Tautan Terkait