FPPS Kota Jogja Fasilitasi Pencairan Kredit PEDE

FPPS kepanjangan dari Fasilitasi pembiayaan petani swadaya, dengan petugasnya Fasilitator.  Sebagai tindak lanjut dari Kegiatan Temu Usaha Pembiayaan di Kecamatan Kraton yang diselenggarakan tanggal 22 September 2020 yang lalu, pada hari Rabu tanggal 14 Oktober 2020 kemarin Kelompok Wanita Tani (KWT) Kenanga telah mencairkan kredit PEDE dari BPD Prawirotaman. Apa itu Kredit PEDE, Kredit PEDE kepanjangan dari Percepatan Ekonomi Daerah. PEDE merupakan program perkreditan BPD yang lahir pada masa pandemik Covid 19.

Untuk menjaga ketahanan ekonomi dan memacu pertumbuhan semasa pandemi COVID-19 Kredit PEDE ini sangat bermanfaat sekali tentunya selain tanpa agunan juga bunga yang sangat ringan yaitu 3%. Hal ini membuat anggota tani sangat berminat,”kata Fasilitator FPPS Kota Yogya Fitri R.

Kredit ini bertujuan untuk menopang kegiatan ekonomi produktif berbasis masyarakat. Hari rabu tanggal 14 Oktober 2020 minggu lalu Kelompok Wanita Tani Kenanga telah mencairkan Kredit PEDE kepada 11 orang anggota kelompok tani dengan berbagai macam usaha antara lain budidaya tanaman hias/sayuran/tabulampot, olahan hasil pertanian, pemasaran hasil pertanian dan usaha lain berbasis pertanian. Jelas Ketua KWT Kenanga Sayekti.

 

Sejak dikeluarkannya Kredit PEDE BPD minat masyarakat sangat tinggi terhadap kredit ini, Selain nominal yang cukup untuk skala usaha kecil, juga mudah persyaratannya, tegas Petugas BPD Waskita.

Rencana yang selanjutnya akan ada kelompok tani wilayah Kelurahan Patehan Kecamatan Kraton lagi yang bersiap mencairkan Kredit PEDE BPD pada minggu ini.