BIMTEK BUDIDAYA DAN PEMASARAN TANAMAN JAMBU AIR

Warga Kampung Gemblakan Atas RW 3 Kel. Suryatmajan Kec. Danurejan menghadiri bimtek yang di agendakan oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta melalui program kegiatan Bidang Pertanian dalam rangka pemanfaatan lingkungan untuk tetap dapat membudidayakan tanaman yakni Jambu Air yg sebelumnya mereka telah membudidayakan, akan tetapi masih membutuhkan ilmu dalam penerapan berbudidaya tanaman jambu air khususnya. Kali ini mendatangkan 2 (dua) instruktur untuk memberikan ilmu kepada masyarakat dalam hal budidaya serta pemasarannya, yang pertama dari Ir. Nizarudin dan dilanjutkan oleh Dra. Nike, kedua praktisi tersebut memiliki banyak pengalaman dalam hal berbudidaya tanaman buah, apalagi jambu air sudah fasih untuk dibicarakan oleh beliau. Pertemuan ini juga di hadiri oleh PPL Kec. Danurejan yakni Wilian Martin dan perwakilan Kecamatan Danurejan yang meninjau langsung acara berlangsung.

Tentunya pertemuan kali ini tetap mengutamakan protokol kesehatan Covid-19, menyediakan cuci tangan, memakai masker dan berjaga jarak antar peserta bimtek. Masyarakat berantusias untuk menghadiri bimtek kali ini, karena sudah memiliki kebun bersama yang dikhususkan untuk berbudidaya tanaman jambu air, bahkan sudah ada pemborong saat buah jambu mulai masak pohon. Maka kelompok tani pokja jambu masih membutuhkan ilmu dalam budidaya tersebut.

Selain dapat memberikan peningkatan ekonomi anggota kelompok, kampung gemblakan atas juga dapat dijadikan destinasi wisata buah karena siapapun yang bisa mengunjungi diperbolehkan memetik buah yang sudah matang. Selaku Plt. Kabid Pertanian Ir. M. A. Dwi Astuti mengapresiasi kelompok tani dalam keinginan mereka berbudidaya dan semangat yang luar biasa kekompakannya.