Selamat Datang di Web Site Resmi Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta
 Antokwid,    23 Oktober 2020 Bidang Pertanian juarai Lomba karawitan Dinas Pertanian Dan Pangan
Bidang Pertanian juarai Lomba karawitan Dinas Pertanian Dan Pangan

Oleh : Anny Widi Astuti

Dalam rangka Hari Tani Nasional yang diperingati setiap tanggal 24 September, sekaligus memeriahkan HUT Kota Yogyakarta ke-264 yang bertepatan pada hari Rabu, 7 Oktober 2020, Dinas Pertanian Dan pangan [DPP] Kota Yogyakarta mengadakan lomba karawitan antar Bidang. Sebagai ajang untuk nguri-nguri budaya jawa yakni alat musik gamelan agar lebih dekat dengan karyawan, sekaligus sebagai relaksasi setelah penat seharian bekerja. Ikut memeriahkan lomba karawitan yakni Bidang Pertanian, Bidang Kehewanan Dan Perikanan, Bidang Ketahanan Pangan, dan Sekretariat.


Masing-masing kelompok diberi kesempatan berlatih sekitar 1 bulan untuk mensolidkan tim belajar nggamel. Adapun pilihan tembang yang dilombakan adalah lancaran kebogiro dan Serayu. Tiap-tiap Tim terdapat 11 anggota penabuh gamelan ditambah wiraswara. Ke-11 wiyaga ini bertugas menabuh ke 11 instrumen terdiri dari gong, slethem, demung, peking, kendang, saron, bonang barung, bonang penerus, dan kethuk kenong. Bisa dibayangkan harmonisasi nan indah keluar dari alat musik tersebut. Mereka semangat berlatih usai jam kerja. Dengan asset alat gamelan milik pribadi Kepala Dinas, Ir. Suyana yang diboyong ke Kantor Dinas Pertanian Dan Pangan Kota Yogyakarta yang beralamat di Jl. Ringrot Lingkar Selatan,  Malangan, Giwangan, Umburharjo, Kota Yogyakarta. 
Setelah dirasa cukup berlatih, masing-masing tim take video untuk merekam hasil latihannya, kemudian dikirim ke Ketua Dharma Wanita Dra. Sri Hastuti Suyana untuk dinilai.

Pembagian Hadiah di Jum’at Krida
Jum’at, 23 Oktober 2020 pagi tadi, bertepatan Jum’at Krida, seperti biasa diadakan senam bersama. Namun ada yang beda dan special dengan senam pada pagi hari ini, dengan hadirnya Ibu Ketua Dharma Wanita DPP ditengah-tengah karyawan yang senam bersama. Nampak Kepala Dinas beserta Ibu  membaur hangat mengikuti gerakan senam sampai tuntas.
Diakhir acara senam, Dra. Sri Hastuti menyampaikan pengumuman pemenang lomba karawitan. Sebelumnya Ir. Suyana memberikan kesan pesannya “Saya salut dan bangga dengan seluruh karyawan-karyawati DPP atas kesungguhannya berlatih karawitan, yang hanya dalam tempo 1 bulan dapat berhasil menyelesaikan tantangan 2 tembang. Karena secara basic semua dari awal belum menguasai alat musik gamelan dan ternyata berhasil memainkan alat musik gamelan. Dan bahkan seorang wanitapun dapat menguasai gong dengan baik”.


Dra. Sri Hastuti dalam sambutannya merasakan hal yang sama yaitu kebanggaan terhadap seluruh karyawan atas capaiannya selama ini. “Semua hebat, bagus-bagus!” ujarnya takjub. “Namun yang namanya lomba pasti ada  kalah dan menang” imbuhnya. Lebih lanjut beliau menyampaikan “lomba karawitan ini juga sebagai ajang kekompakan, kerjasama,dan kekeluargaan antar tim”.
Yang ditunggu-tunggupun tiba, yakni diumumkannya hasil kejuaraan lomba karawitan oleh Ibu Ketua Dharma Wanita sebagai berikut, Juara harapan 1 diperoleh Bidang Ketahanan Pangan, juara 3 diperoleh Bidang Kehewanan dan Perikanan, juara 2 diperoleh Sekretariat, dan juara 1 berhasil diraih Bidang Pertanian. Hadiah diserahkan oleh Dra. Sri Hastuti ke masing-masing Kepala Bidang.
Pembagian hadiah menjadi penghujung acara, dengan berfoto bersama. Tampak wajah-wajah senyum sumringah terpancar dari seluruh karyawan. Sesi fotopun dapat mencerminkan betapa keakraban dan kekeluargaan erat melekat dalam diri seluruh karyawan DPP.

DINAS PERTANIANDAN PANGAN KOTA YOGYAKARTA gamelan karawitan bidang pertanian Lomba Karawitan HUT Pemkot Hari Tani Nasional
  (177 nilai)
Pencarian
Video Youtube
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat65.75%
Cukup Bermanfaat6.62%
Bermanfaat6.62%
Kurang Bermanfaat5.94%
Agenda Rapat
Kamis / 17 Juni 2021
08:30 WIB ~ 12:00 WIB
Ruang Rapat Mas Kirana

Jumat / 18 Juni 2021
12:30 WIB ~ 14:30 WIB
Ruang Rapat Raja Bagus

Jumat / 18 Juni 2021
13:00 WIB ~ 14:30 WIB
Ruang Rapat Mas Kirana

Senin / 21 Juni 2021
07:30 WIB ~ 12:30 WIB
Ruang Rapat Raja Bagus

Senin / 21 Juni 2021
13:00 WIB ~ 15:00 WIB
Ruang Rapat Raja Bagus

Statistik Pengunjung
Hari Ini Kemarin Bulan Ini Tahun Ini Total Pengunjung
Lokasi Kantor
Indek Standar Pencemar Udara (ISPU)

PM10

PM25

CO

NO2

SO2

O3


BAIK : 0-50
SEDANG : 51-100
TIDAK SEHAT : 101-200
SANGAT TIDAK SEHAT : 201-300
BERBAHAYA : ≥ 301

Tautan Terkait


Tautan Terkait