BBI Nitikan, Pusatnya Ikan Hias Berkualitas dan Murah di Kota Yogyakarta

Mungkin ada yang belum mengetahui bahwa Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta memiliki Balai Benih Ikan (BBI), baik ikan hias maupun ikan konsumsi. Salah satunya adalah Balai Benih Ikan (BBI) Nitikan yang berada di kampung Nitikan, Kelurahan Sorosutan, Kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta. BBI Nitikan ini dikhususkan untuk memproduksi ikan hias.

Dokumentasi Cendananews

Walaupun letaknya berada di dalam perkampungan warga, namun Balai Benih Ikan (BBI) Nitikan memiliki luas lahan sekitar 1 hektar dengan 64 kolam terbuka sehingga cukup untuk membakar kalori jika mengelilingi dan melihat – lihat kolam yang dimiliki BBI Nitikan tersebut. Selain itu, BBI Nitikan memiliki banyak akuarium berukuran cukup besar yang digunakan untuk memajang ikan hias yang dijual. BBI Nitikan sendiri sampai saat ini dikelola oleh enam karyawan, dibawah koordinasi Triyanto, sebagai penanggung jawab pengelolaan. Setiap karyawan miliki tugas pokok dan fungsi masing – masing dalam melakukan produksi ikan hias, baik dimulai dari menguras kolam, membersihkan akuarium, melakukan pemijahan ikan, sortasi sampai dengan pengepakan.

Kegiatan di BBI Nitikan

Dalam setiap siklus panen, yakni sekitar tiga bulan, BBI Nitikan dapat menghasilkan sekitar 10.000 – 15.000 ekor ikan hias. Ikan hias yang dihasilkan oleh BBI Nitikan sampai saat ini adalah jenis komet, siklid, molly, guppy, mas koki, koi dan beberapa jenis ikan hias lainnya. Ikan hias yang diproduksi tersebut berkualitas sangat bagus karena ditangani langsung oleh para karyawan BBI Nitikan yang telah lama bergelut dibudidaya ikan hias. Karyawan – karyawan BBI Nitikan meyakini bahwa kualitas ikan hias yang dihasilkan tidak kalah dengan ikan hias yang berada di pasaran. Dan untuk harga jual ikan hias tersebut sangat murah dibandingkan dengan harga di pasaran, yaitu mulai dari Rp 500,- untuk beberapa jenis ikan tertentu.

Beberapa Ikan Hias Produksi BBI Nitikan

Pembelian ikan hias di BBI Nitikan dapat dilakukan setiap hari kerja pada pukul 08.00 – 15.30 WIB. Ikan hias yang dibeli akan dibungkus dengan baik dan sesuai standar agar kondisi ikan selama perjalanan sampai lokasi kolam atau akuarium masih sehat dan baik. Oleh karena itu, jangan ragu untuk berkunjung ke BBI Nitikan dan jangan lupa ketika pulang membeli ikan hias berkualitasnya.