Selamat Datang di Web Site Resmi Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta
 Anny,    30 Oktober 2020 2nd Anniversary Jogja Bike Bersama Wakil Walikota Yogyakarta Berwisata Sepeda Ke Kebun Plasma Nutfah Pisang
2nd Anniversary Jogja Bike Bersama Wakil Walikota Yogyakarta Berwisata Sepeda Ke Kebun Plasma Nutfah Pisang

Jogja Bike, sebuah komunitas pecinta olahraga sepeda pada pagi hari ini, Jum'at, 30 Oktober 2020  berkesempatan  wisata ke Kebun Plasma Nutfah Pisang (KPNP), Dinas Pertanian Dan Pangan Kota Yogyakarta. Berkolaborasi dengan Pemkot Yogyakarta  diwakili Wakil Walikota Heroe Poerwadi beserta jajaran pejabat dari beberapa SKPD. Turut membersamai rombongan yakni dari berbagai Instansi perbankan, biro wisata dan travel, serta pihak terkait, termasuk sponsorship.

Acara olahraga sepeda sekaligus wisata kali ini adalah dalam rangka memperingati 2 tahun berdirinya komunitas Jogja bike. Dengan rute menyusuri jalan-jalan kota, gang-gang disekitar kota Jogja, blusukan melihat hamparan sawah-sawah yang masih tersisa disela-sela gedung bertingkat dan finish di KPNP. Paket olahraga bersepeda yang dikemas apik dan menarik ini tak urung membuat banyak orang tertarik untuk mengikutinya.

Rombongan disambut langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Dan Pangan  (DPP) Kota Yogyakarta Ir. Suyana. Setelah sepeda berjejer rapi terparkir dihalaman parkir, rombongan dipersilahkan  menuju rumah aklimatisasi melihat bibit pisang hasil kultur jaringan.  Ir. Suyana menjelaskan proses perbanyakan bibit pisang dengan teknik kultur jaringan yang memiliki keunggulan diantaranya bibit yang dihasilkan jumlahnya banyak dan seragam, bebas dari hama penyakit, cepat tumbuh dan berbuah. Selanjutnya Wakil Walikota Yogyakarta menyematkan pin berjargon "ayo makan pisang" ke pimpinan Jogja Bike, sebuah gerakan dari KPNP untuk mengkampanyekan budaya mengkonsumsi buah pisang 1-2 buah sehari untuk menjaga kesehatan tubuh.

Memasuki kawasan Kebun Plasma Nutfah Pisang. Heroe berkesempatan panen buah pisang raja bagus yakni kultivar pisang unggulan di Kota Yogyakarta yang  telah disertifikasi oleh Kementerian Pertanian tahun 2011. Tampak rombongan ikut mencicipi pisang raja bagus bareng dengan Heroe Poerwadi.

Selepas panen, rombongan memasuki pendopo kebun untuk melaksanakan acara ceremonial perayaan 2 tahun Jogja Bike. Terdengar alunan gending-gending jawa dari gamelan yang ditabuh para karyawan DPP untuk menyambut tamu.

Dalam sambutannya Wakil Walikota menyampaikan KPNP merupakan mutiara yang dimiliki Pemkot Yogyakarta dengan koleksi pisang lengkap. Menjadi salah satu destinasi wisata Jogja yang menarik. "Masa pandemi seperti sekarang ini tidak saatnya untuk berfikir tupoksi normatif namun lebih ke management crisis" ungkap Heroe. "Dan masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan" imbuhnya.

Jogja sebagai kota wisata, harus mampu menyajikan suatu paket menarik yang tidak diperoleh di daerah lain.  Sektor wisata salah satunya yang mampu mendongkrak kesenjangan penghasilan karena gini rasio di Kota Jogja masih tinggi.

M. Aditya selaku CEO Jogja Bike,  menjelaskan dalam masa pandemi ini memiliki tantangan berat. Masyarakat sekarang lebih sadar untuk menjaga kesehatan. Bersepeda menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk berolah raga. "Ini yang kemudian kami lihat sebagai tantangan dan peluang dan Jogja Bike menjawab dengan rebranding di ulang tahun ke 2 ini" ujar Adit.

Jogja Bike menawarkan paket-paket wisata bersepeda menyusuri  gang-gang kota, persawahan, kampung-kampung wisatanya, sudut kota, dan kuliner. Dengan demikian mampu menarik wisatawan untuk berkunjung ke Jogja.

Pada kesempatan ini laboratorium olahan hasil pertanian turut menyajikan jamuan untuk para tamu berupa beberapa produk makanan berbahan dasar pisang, mulai dari perawan kenes dari pisang raja, krupuk bonggol pisang, jantung pisang krispi, mie daun pisang, dan minuman sari buah pisang.

DINAS PERTANIANDAN PANGAN KOTA YOGYAKARTA Kebun Plasma Nutfah pisang Bibit pisang kulttur jaringan Jogja Bike Raja bagus Pemkot Yogyakarta
  (263 nilai)
Pencarian
Video Youtube
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat60.22%
Cukup Bermanfaat8.84%
Bermanfaat4.42%
Kurang Bermanfaat4.42%
Agenda Rapat
Selasa / 01 Desember 2020
08:00 WIB ~ 15:30 WIB
Ruang Rapat Raja Bagus

Rabu / 02 Desember 2020
08:00 WIB ~ 15:30 WIB
Ruang Rapat Raja Bagus

Statistik Pengunjung
Hari Ini Kemarin Bulan Ini Tahun Ini Total Pengunjung
Lokasi Kantor
Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)
Kota Yogyakarta

NO2

O3

CO

SO2

PM10


Kosentrasi PM 2.5 per Jam

Tautan Terkait


Tautan Terkait