MEMILIH HEWAN PELIHARAAN

Mengenal Hewan Peliharaan 1 

Pernahkah Anda bingung untuk memilih hewan peliharaan? Kali ini kami akan memberikan tips sederhana bagaimana memilih hewan peliharaan. Perhatikan pertanyaan berikut sebelum Anda menentukan pilihan: untuk siapa, untuk apa, dimana, dan bagaimana.

Tidak semua jenis hewan peliharaan cocok bagi semua usia dan kalangan. Untuk anak-anak, diutamakan hewan peliharaan yang berukuran kecil dan jinak, sehingga mudah dipegang dan diajak bermain. Memelihara hewan bagi anak-anak dapat melatih sense of responsibility (rasa tanggung jawab) sejak dini. Bagi orang dewasa, memelihara binatang dapat menjadi rekreasi dan relaksasi tersendiri. Hewan jinak dengan perawatan yang mudah akan cocok untuk para lanjut usia sebagai teman sehari-hari.

Pernahkah terpikir oleh Anda mengenai apa yang anda dapat dari hewan peliharaan anda?. Beberapa hewan sengaja dipelihara untuk tujuan tertentu oleh pemiliknya. Anjing dapat dipelihara untuk menjaga rumah maupun teman bermain, bahkan sebagai penunjuk arah bagi para tuna netra. Kucing dapat mencegah berkembang biaknya tikus di lingkungan anda; dalam hal ini pastikan kucing yang Anda pelihara berukuran cukup besar dan mampu menangkap tikus. Beberapa petani mulai mengembangkan burung hantu peliharaan untuk memburu tikus di sawah. Bagi Anda yang sering mendapati sisa makanan di rumah, mungkin akan tertarik memelihara ayam untuk menghabiskan sisa makanan; ayam tersebut dapat menghasilkan telur dan daging. Beberapa kebiasaan lama yang mungkin dapat dicoba lagi adalah memelihara ikan di bak mandi atau penampung air untuk mencegah jentik nyamuk, dalam hal ini pilihlah ikan yang berukuran kecil dan dalam jumlah kecil agar air tidak menjadi kotor.

Tempat tinggal juga merupakan faktor penting dalam memilih hewan peliharaan. Hewan seperti anjing membutuhkan ruang untuk bergerak bebas setiap harinya meskipun sekedar berjalan-jalan. Memelihara kucing di dalam rumah mulai dilirik khususnya untuk kucing ras. Keterbatasan ruang maupun fasilitas kandang yang dapat disediakan dapat diatasi dengan memilih hewan dengan perlengkapan lebih sederhana seperti mamalia kecil, burung, reptil dan amfibi kecil, maupun invertebrata seperti serangga. Ketersediaan ruang yang baik berkontribusi positif bagi kesehatan fisik dan mental hewan peliharaan anda.

Memelihara hewan seperti menyetujui sebuah komitmen. Setiap hewan memiliki kebutuhan yang berbeda. Beberapa hewan domestik umum seperti anjing, kucing, kelinci dll, dapat dengan mudah dipenuhi kebutuhannya dengan banyaknya produsen pakan dan perlengkapan hewan peliharaan. Beberapa hewan yang belum banyak tersedia pakan maupun perlengkapan komersialnya, misal: musang, burung hantu, ular, katak, dll; perlu diberikan pakan dan habitat yang mendekati habitat aslinya untuk menghindari timbulnya masalah kesehatan. Hewan yang bersifat sosial seperti anjing, burung nuri, kakaktua dll, membutuhkan perhatian yang lebih dari pemiliknya agar tidak stress dan berperilaku merusak. Sebelum memilih hewan peliharaan, sebaiknya pertimbangkan apa yang dapat Anda berikan pada hewan peliharaan Anda.

Demikian informasi hewan peliharaan yang dapat kami bagikan kali ini. Apabila anda membutuhkan konsultasi lebih lanjut, kami persilakan untuk menggunakan fitur konsultasi yang telah kami sediakan. InsyAllah kami akan memberikan solusi dengan sebaik-baiknya.

 

Referensi:
Alderton, D., Edwards, A., Larkin, P., Stockman, M. 2011. Encyclopedia of Pets and Pet Care. London: Hermes House Publishing. Hal: 6-7.

Ditulis oleh: drh. Praditya

Dimuat di : dokterhewanku.com