Eksistensi Security Di Dinas Pertanian Dan Pangan Kota Yogyakarta

Hari ini Rabu 23 Desember 2020, sekretariat Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kota Yogyakarta mengadakan rapat koordinasi dengan tim security dinas di ruang rapat mas kirana. Rapat koordinasi dipimpin oleh sekretaris DPP Ir. Supartama, M.Sc. Rapat dihadiri seluruh crew security sejumlah 18 personel. Sehari-hari mereka bertugas dibeberapa lokasi kantor DPP yang tersebar dibeberapa titik kegiatan seperti sub reiser, BBI Nitikan, BBI Mendungan, RPH, Poliklinik hewan, dan di kantor DPP Malangan, Giwangan.

Pada kesempatan ini Supartama menyampaikan beberapa informasi terkait lelang pengadaan  jasa keamanan tahun 2021 yang dimenangkan oleh PT. Inti Delta Ekaprana yang berkantor pusat di Semarang dengan kantor cabang di Panggungsari, Ngaglik, Sleman.

Selama ini keberadaan security di DPP menjadi penting karena mempunyai tugas dan kewajiban yang tidak bisa dikatakan ringan. Tugas pokok security/satpam adalah menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan/tempat kerjanya yang meliputi aspek pengamanan fisik, personel, informasi, dan pengamanan teknis lainnya.

Saat ditemui setelah rapat koordinasi, Komandan security,  Nanang Lisdianto (24) yang sudah bergabung selama 5 tahun di DPP menyampaikan bahwa "Security siap menjaga keamanan dan ketertiban baik personil maupun materil. Personil (semua karyawan di lingkungan kerjaMateril (semua aset yg ada di tempat kerja)" ujar Nanang yang terakhir bergabung dengan PT Suniba Mandiri.

Dalam keseharian di kantor selama pandemi covid-19, security dengan seragam khasnya, dengan sigap setiap pagi menyambut karyawan dengan ramah, kemudian mengecek suhu tubuh setiap orang yang masuk di lingkungan kantor menggunakan thermogun,  memastikan sebelum masuk dalam ruangan mencuci tangan dengan sabun, mencatat tamu yang berkunjung di kantor, mencatat semua kejadian di kantor baik shift pagi maupun malam, dan ketugasan yang lainnya.

Kenyamanan dan keamanan  dalam bekerja menjadikan hal pendukung penting, dan dengan keberadaan security salah satunya menjawab kebutuhan tersebut. Hal ini sesuai dengan fungsi security yaitu melindungi dan mengayomi lingkungan/tempat kerjanya dari setiap gangguan keamanan, serta menegakkan peraturan dan tata tertib yang berlaku di lingkungan kerjanya.

Dari beberapa testimoni  tamu yang berkunjung ke DPP, mereka menyampaikan kepuasana terhadap layanan security yang dengan cekatan melayani kebutuhan tamu. Suci (21) mahasiswa UMBY asal Medan menyampaikan "Kalau menurut saya security Dinas sangat ramah dan memuaskan, cekatan dalam memberikan layanan" terangnya saat ditanya admin beberapa waktu yang lalu saat mencari informasi terkait kultur jaringan pisang. Kemudian ada  Sapto (53) asal Sewon, Bantul saat akan membeli bibit pisang ke kebun plasma nutfah pisang,  beliau mengatakan bahwa security DPP menurutnya telah melaksanakan tugas sesuai standart, ramah dalam melayani tamu.  Nurul, guru SMK Pandak Bantul juga menyampaikan security dinas cukup ramah, sangat membantu, dan sangat melayani.  Tentunya beberapa kesan pesan yang baik di mata masyarakat dan khususnya dalam bekerjasama dengan karyawan di lingkup  dinas, semakin menambah kualitas pelayanan security untuk lebih baik lagi.