Olahan Bunga Telang KWT Migunani, Demangan, Gondokusuman

Tanaman telang atau Clitoria ternatea biasanya dikenal sebagai tanaman merambat yang dapat ditemukan di kebun atau tumbuh secara liar. Namun akhir – akhir ini mulai banyak dikenal masyarakat sebagai salah satu tanaman herbal yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh.  Bagian tanaman telang yang dimanfaatkan untuk dikonsumsi sebagai bahan herbal adalah bagian bunganya. Bunga telang memiliki beragam manfaat, diantaranya :

  1. Meningkatkan daya ingat
  2. Mengatasi gangguan kecemasan
  3. Meringankan depresi
  4. Sebagai antioksidan (meningkatkan daya tahan tubuh)
  5. Menyembuhkan luka
  6. Mengurangi peradangan
  7. Menyehatkan jantung
  8. Berpotensi mengatasi gejala diabetes
  9. Membantu mengatasi asma

Sumber : sehatq.com

Bunga telang pada umumnya berwarna biru, namun adapula yang berwarna ungu  dan putih.

Sumber : Google

Masyarakat biasanya mengkonsumsi bunga telang dalam bentuk teh telang. Teh telang dibuat dengan cara menyeduh bunga telang kering dalam air panas. Rasanya cenderung tawar atau sedikit asam.

Di KWT Migunani, Demangan, Gondokusuman ternyata bunga telang bukan lah hal baru. Tanaman telang tumbuh subur di rumah beberapa anggota kelompok tani, salah satunya di rumah ketua KWT Migunani, Ibu Yunarti.

Bunga telang hasil panen dipasarkan dalam berbagai bentuk. Bentuk yang paling sederhana yaitu dalam bentuk bunga kering. Untuk menghasilkan bunga telang kering, bunga telang segar menjemur atau mengangin – anginkan bunga telang segar selama 2 sampai 3 hari.

Selain dijual dalam bentuk kering, di KWT Migunani bunga telang diolah menjadi berbagai produk olahan unggulan. Pengolahan bunga telang dilakukan untuk menambah nilai ekonomi bunga telang, salah satuny adalah sirup bunga telang. Cara mengolah bunga telang menjadi sirup cukup sederhana, yaitu :

  1. Cuci bunga telang, tiriskan
  2. Rebus air, setelah mendidih masukan gula dan bunga telang.
  3. Masukan rempah – rempah (cengkeh, jahe, sereh atau sesuai selera)
  4. Rebus sampai air tinggal setengahnya, lalu saring dan dinginkan
  5. Sirup bunga telang dapat dikemas atau langsung disajikan dengan mencampur dengan air.

Selain dibuat sirup, bunga telang dimanfaatkan sebagai pewarna alami makanan. Salah satu produk unggulan dari KWT Migunani yaitu wajik biru, yang dibuat dengan menambahkan air bunga telang yang berwarna biru ke adonan wajik.

Selain wajik juga, warna biru bunga telang juga dimanfaatkan untuk membuat nasi biru.