Selamat Datang di Web Site Resmi Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta
 Sitadianiputri,    06 Maret 2021 Wakil Walikota Yogyakarta Tanam Perdana di Lorong Sayur Gembira Kota Gede
Wakil Walikota Yogyakarta Tanam Perdana di Lorong Sayur Gembira Kota Gede

Lorong sayur semakin merajalela di Kota Yogyakarta. Masyarakat semakin merasakan manfaat adanya kegiatan budidaya sayuran di perkotaan, terutama di lahan sempit seperti lorong atau gang yang banyak terdapat di Kota Yogyakarta. Salah satunya di Kelompok Tani Lorong Sayur Gembira (KT LorSay Gembira).

KT LorSay Gembira merupakan binaan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta sejak tahun 2019. Didampingi oleh Penyuluh Pertanian Suryadi, menginjak usia ke dua kelompok ini semakin aktif dalam berbudidaya pertanian di lahan sempit.

Gambar : Suryadi, PPL Kota Gede dan Lurah Rejowinangun bersama anggota KT LorSay Gembira

Jumat 5 Maret 2021 dibawah koordinasi Bidang Pangan, Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta dilaksanakan penanaman perdana di KT LorSay Gembira yang dihadiri oleh Wakil Walikota Yogyakarta.

Gambar : Wakil Walikota Yogyakarta tiba di KT LorSay Gembira

Pada kesempatan tersebut, Wakil Walikota Yogyakarta didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta dan jajaran Muspika Kemantren Kota Gede melakukan penanaman bibit pakcoy pada media wallplanter sepanjang kurang lebih 20 meter.

Gambar : Wakil Walikota Yogyakarta memberikan sambutan

Wallpanter yang terpasang di KT LorSay Gembira merupakan bantuan dari Dinas Pertanian dan Pangan melalui Bidang Pangan. Bidang Pangan melalui Seksi Ketahanan Pangan saat ini semakin gencar menggerakkan masyarakat dalam kegiatan kampung sayur maupun lorong sayur. Salah satunya dalam bentuk stimulan berupa sarana prasarana budidaya seperti wall planter, media tanam, pupuk organik dan sebagainya.

Gambar : Wallpanter di wilayah KT LorSay Gembira dipasang di sepanjang gang/lorong sempit.

Gambar : Muspika didampinggi anggota KT LorSay Gembira menanam bibit pakcoy

Dalam sambutannya, Wakil Walikota Yogyakarta menyampaikan bahwa tidak ada alasan untuk tidak menanam, bahkan lahan sempit sekalipun bisa menjadi produktif apabila tau caranya. Beliau juga mengarahkan agar hasil panen dapat diserap oleh e warung dan juga dapur balita, sehingga manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh anggota kelompok tani, namun juga oleh masyarakat umum.

Hasil panen lorong sayur di Kelompok Tani Lorong Sayur Gembira telah dimanfaatkan oleh masyarakat, salah satunya untuk mensuplay kebutuhan logistic warga yang menjalani isolasi mandiri.

 

 

lorong sayur ketahanan pangan
  (41 nilai)
Pencarian
Video Youtube
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat64.85%
Cukup Bermanfaat7.36%
Bermanfaat5.45%
Kurang Bermanfaat5.72%
Statistik Pengunjung
Hari Ini Kemarin Bulan Ini Tahun Ini Total Pengunjung
Lokasi Kantor
Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)
Kota Yogyakarta

NO2

O3

CO

SO2

PM10


Kosentrasi PM 2.5 per Jam

Tautan Terkait


Tautan Terkait