PERSIAPAN LOMBA PEMBERIAN PENGHARGAAN TELADAN DAN BERPRESTASI TINGKAT DIY TAHUN 2021

Lomba Pemberian Penghargaan Teladan Berprestasi adalah adalah agenda rutin yang diselenggarakan oleh kelembagaan yang menangani penyuluhan pertanian di tingkat kecamatan, kabupaten/kota, propinsi dan pusat yang dilaksanakan untuk memberikan apresiasi bagi penyuluh, kelembagaan petani, pelaku usaha/pelaku utama bidang pertanian yang berprestasi dan berkinerja baik.

Lomba Pemberian Penghargaan Teladan Berprestasi terdiri atas tujuh kategori yaitu :

  1. Penyuluh PNS Teladan
  2. Penyuluh THL Teladan
  3. Penyuluh Swadaya Teladan
  4. Petani Berprestasi
  5. Kelompok Tani Berprestasi
  6. Gapoktan Berprestasi
  7. Kelembagaan Ekonomi Petani Berprestasi

Tahun 2021 ini Kota Yogyakarta berpartisipasi menjadi peserta lomba pada dua kategori yaitu kategori Penyuluh Swadaya Teladan dan kategori Gapoktan Berprestasi, dengan definisi sebagai berikut :

  1. Penyuluh pertanian swadaya teladan adalah penyuluh pertanian swadaya yang diberikan tanda kehormatan oleh Pemerintah atas prestasi kerjanya sebagai mitra kerja Penyuluh Pertanian di bidang penyuluhan pertanian di perdesaan yang diperoleh melalui proses seleksi (penilaian) dari setiap tingkatan pemerintahan yang diselenggarakan oleh lembaga penyuluhan pertanian pemerintah
  2. Gapoktan berprestasi adalah gapoktan yang memiliki kinerja dan produktivitas yang tinggi serta berhasil dalam melaksanakan dan mengembangkan fungsi dan memperkuat kelembagaannya, meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan anggotanya.

Dalam rangka persiapan mengikuti lomba, Penyuluh Pertanian se Kota Yogyakarta beserta Bidang Pertanian melakukan pembinaan dan pendampingan kepada peserta lomba.

Penyuluh Pertanian sejumlah 14 orang dibagi menjadi dua tim dalam pendampingan secara menyeluruh baik fisik maupun administratif.

No

Kategori

Peserta

Tim Pendamping

1

Penyuluh Swadaya

Winaryati

(Penyuluh Pertanian Swadaya Kemantren Danurejan)

 

  1. Budiyanto, S.P
  2. Sutrisno, S.PKP
  3. Sekardatu M Tyas, S,Pt
  4. Ridoan L Manalu, S.P
  5. Evy Kusmastuti
  6. Fitri Rahayu, S.P
  7. Suryadi
  8. Ngadiyono, S.P

2

Gapoktan

Gapoktan Bausasran

  1. Yuanita Ari Astuti, S.Pt
  2. Sita Diani Putri, S.P
  3. Sagio, S.P
  4. Yushinta, A.Md
  5. Siti Ma’rufah
  6. William Martin

 

Pertemuan dalam rangka pembinaan dan persiapan lomba dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada hari Selasa/9 Maret 2021 untuk kategori Penyuluh Swadaya dan hari Rabu/10 Maret 2021 untuk kategori Gapoktan. Pertemuan dilaksanakan di Kebun Sayur Bausasran, dihadiri Kepala Bidang Pertanian, Kepala Seksi Bimbingan Usaha Pertanian, Lurah Bausasran dan seluruh Penyuluh Pertanian.

Pembinaan ditekankan pada aspek – aspek penilaian masing – masing kategori yaitu :

  1. Kategori Penyuluh Swadaya
  1. Prestasi kerja dan karya khusus
  2. Tingkat kesulitan lokasi
  3. Jumlah kelembagaan binaan/gapoktan/asosiasi/korporasi
  1. Kategori Gapoktan Berprestasi
  1. Administrasi kelembagaan
  2. Perencanaan kegiatan
  3. Pelaksanaan fungsi
  4. Pengembangan usaha
  5. Pembinaan dan pelaporan

Secara umum aspek – aspek yang disyaratkan untuk mengikuti lomba sudah dapat dipenuhi oleh kedua peserta lomba. Ketugasan tim pendamping tidak hanya dilakukan selama dua hari pembinaan, namun dilakukan secara intensif selama bulan Maret sampai dengan dokumen kelengkapan persyaratan lomba selesai tersusun.

Lomba Pemberian Penghargaan Teladan Berprestasi Tingkat DIY Tahun 2021 akan dilaksanakan pada Bulan April Tahun 2021.