Selamat Datang di Web Site Resmi Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta
 Sitadianiputri,    08 April 2021 PENILAIAN PENGHARGAAN PERTANIAN TINGKAT DIY TAHUN 2021
PENILAIAN PENGHARGAAN PERTANIAN TINGKAT DIY TAHUN 2021

Rangkaian proses persiapan Penilaian Penghargaan Pertanian Tingkat DIY Tahun 2021 telah selesai dilaksanakan oleh Gapoktan Bausasran sebagai kandidat Gapoktan Berprestasi dan Ibu Winaryati, S.Si sebagai kandidat Petani Berprestasi mewakili Kota Yogyakarta.

Seluruh rangkaian persiapan didampingi oleh tim teknis yang beranggotakan seluruh Penyuluh Pertanian se Kota Yogyakarta. Video profil dan dokumen pendukung telah diserahkan ke BPSDMP DIY pada hari Senin / 5 April 2021 disertai dengan rekomendasi dari Walikota Yogyakarta.

Pada hari ini, Kamis / 8 April 2021 bertempat di Kantor Kemantren Danurejan dilaksanakan proses penilaian oleh BPSDMP DIY kepada masing – masing peserta secara virtual melalui aplikasi zoom.

Gambar : Sambutan Kepala BPSDMP DIY secara virtual

Hadir dalam seremonial pembukaan, Mantri Pamong Praja Kemantren Danurejan, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta dan Lurah Bausasran. Secara virtual, tim penilai dari BPSDMP DIY dipimpin oleh Kepala BPSDMP DIY didampingi Tim Penilai untuk kedua kategori.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Ir.  Suyana menyampaikan harapannya agar penilaian terhadap pertanian perkotaan yang dilakukan oleh BPSDMP DIY tidak terpaku terhadap luasan lahan dan kuantitas produksi. Hal ini dikarenakan pertanian perkotaan memiliki karakteristik yang unik dibandingkan dengan pertanian konvensional pada umumnya. Produk pertanian dari Kota Yogyakarta lebih menekankan aspek kualitas dan besifat aestetik.

Gambar : Sambutan Kelapa Dinas Pertanian dan Pangan

Lurah Bausasran menyampaikan harapannya agar keikutsertaan Gapoktan Bausasran dan Ibu Winaryati dalam lomba ini dapat menambah semangat kelompok tani di wilayah Kelurahan Bausasran untuk meningkatkan produktivitas usaha taninya.

Proses penilaian juga diramaikan oleh Gelar Potensi dari 13 kelompok tani yang ada di Kelurahan Bausasran. Setiap kelompok tani menampilkan produk unggulannya berupa berbagai tanaman sayuran yang dibudidayakan hingga produk olahan hasil pertanian.

Gambar : Gelar Potensi Produk Kelompok Tani

Selepas acara seremonial pembukaan, dilanjutkan dengan teknis penilaian yang dilakukan di ruangan yang berbeda untuk setiap kategori peserta. Tersambung melalui aplikasi zoom, kandidat Gapoktan Berprestasi dinilai oleh :

  1. Sayyida Ikrima, S.P
  2. Resti Sri Andriani, S.P
  3. Agnes Purwaningsih, S.Tp

Gambar : Proses Penilaian Kategori Gapoktan Berprestasi Secara Virtual

Sedangkan kandidat Petani Berprestasi dinilai oleh :

  1. Ir. Eko Susilo
  2. Andi Bagus D, S.TP, M.Eng
  3. Thoad Sri Boastuti, S.P

Gambar : Proses Penilaian Kategori Petani Berprestasi Secara Virtual

Selama proses penilaian berlangsung, tamu undangan berkeliling menyaksikan dan membeli produk – produk unggulan kelompok tani.

Apabila diperlukan, verifikasi lapangan akan dilakukan pada minggu kedua bulan April 2021 dengan melihat situasi dan kondisi. Hasil penilaian akan diumumkan oleh BPSDMP DIY pada minggu keempat bulan April 2021.

gapoktan berprestasi petani berprestasi
  (81 nilai)
Pencarian
Video Youtube
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat64.61%
Cukup Bermanfaat7.24%
Bermanfaat5.9%
Kurang Bermanfaat5.9%
Agenda Rapat

Maaf, belum ada agenda rapat untuk saat ini

Statistik Pengunjung
Hari Ini Kemarin Bulan Ini Tahun Ini Total Pengunjung
Lokasi Kantor
Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)
Kota Yogyakarta

NO2

O3

CO

SO2

PM10


Kosentrasi PM 2.5 per Jam

Tautan Terkait


Tautan Terkait