MENJAGA KESEIMBANGAN EKOSISTEM SUNGAI DENGAN RESTOCKING UDANG GALAH

Oleh : Ana F.

Kegiatan Restocking adalah salah satu upaya penambahan stok ikan untuk ditebarkan di perairan umum, terutama pada perairan yang dianggap telah mengalami krisis akibat aktivitas penangkapan yang tinggi atau tingkat pemanfaatannya berlebihan.

Setelah sebelumnya dilaksanakan kegiatan sosialisasi Restocking sebagai pengenalan dan penjelasan mengenai ekosistem perairan umum, hari Senin 12 April 2021 dilaksanakan restocking berupa penebaran udang galah. Sebanyak 2400 ekor udang galah dengan ukuran 5-7 cm ditebar di dua lokasi yaitu Sungai Winongo (Kelurahan Pakuncen, Kecamatan Wirobrajan) dan Sungai Gajah Wong (Kelurahan Prenggan, Kecamatan Kotagede).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dislautkan DIY yang bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan populasi biota perairan umum seperti sungai serta mengembalikan fungsi dan peran perairan umum sebagai ekosistem akuatik yang seimbang.

Restocking udang galah merupakan kali pertama setelah pada tahun sebelumnya penebaran yang dilakukan adalah ikan lokal seperti tawes, nilem, dan wader. Penebaran ikan lokal tetap dilaksanakan setelah penebaran udang galah yang direncanakan terealisasi di bulan April 2021.