Peningkatan Kapasitas Masyarakat Kota Yogyakarta melalui Bimtek Pengembangan Budidaya Lele

Penulis      : Ana F Sunarto

Editor         : Laksmi Kuswandari, S.Pi

 

          Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta melalui Seksi Bimbingan Usaha Perikanan menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) pengembangan budidaya lele pada 22 – 23 Juni 2021 bertempat di BBI Nitikan, Sorosutan, Umbulharjo.

Bimtek dilaksanakan dengan Protokol Kesehatan Covid-19, semua peserta yang hadir sudah mencuci tangan, cek suhu tubuh, menggunakan  masker, dan menjaga jarak, diikuti oleh 14 orang peserta yang merupakan perwakilan pembudidaya lele dari 14 kemantren.

Budidaya lele masih menjadi salah satu inovasi di perkotaan karena dapat dilakukan di lahan sempit dan air yang terbatas dengan padat tebar tinggi. Media yang digunakan dapat dengan buis beton, tong atau drum plastik, maupun ember. Teknik budidayanya pun relative mudah dikuasai oleh masyarakat, tentunya dengan diberikan pelatihan atau bimtek terlebih dahulu sebagai bekal awal dalam budidaya lele.

Hal utama yang harus diperhatikan dalam budidaya lele adalah manajemen kualitas air dan manajemen pakan. Seperti yang disampaikan Christanto Darmawan, Penyuluh Perikanan Swadaya yang juga menjadi narasumber dalam bimtek pengembangan budidaya lele di BBI Nitikan. Pengelolaan kualitas air dengan mengganti air setiap 2 minggu sekali atau ketika dirasa sudah bau sebanyak 25% air kolam dari dasar dan diberi probiotik. Tujuannya supaya ikan lebih sehat dan air tidak bau. Sedangkan pengelolaan pakan, pemberian pakan dilakukan sehari 2 kali dengan FCR 3-5% dari berat total ikan perhari. Harus dipastikan juga maksimal pakan habis dimakan dalam waktu 15 menit, diusahakan tidak terlalu banyak memberi pakan karena sisa pakan akan mengendap didasar kolam dan berubah menjadi ammonia yang akan meracuni ikan.

Di akhir acara, Laksmi Kuswandari, S.Pi selaku Kepala Seksi Bimbingan Usaha Perikanan menyerahkan bahan percontohan berupa bibit lele, pakan dan probiotik kepada peserta. Diharapkan dengan adanya bimtek ini, masyarakat dapat lebih konsisten dan semangat dalam budidaya lele karena sudah menguasai teknik budidaya lele.