Wakil Walikota Yogyakarta Hadiri Sosialisasi Pemotongan dan Pengawasan Hewan Qurban di Masa Pandemi

Kegiatan sosialisasi Pemotongan dan Pengawasan Hewan Qurban di Masa Pandemi bagi pengurus Takmir/pengelola pemotongan hewan qurban secara online telah dilaksanakan pada hari Jum'at, 2 Juli 2021, di ruang Yudistira Kompleks Balaikota Timoho.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Walikota Yogyakarta Drs. Heroe Poerwadi M.A yang menyampaikan kebijakan dengan adanya PPKM Darurat Jawa - Bali dari tanggal 3 -20 Juli 2021, sehingga untuk pelaksanaan sholat Idul Adha dan tatacara Penyembelihan Hewan Qurban akan ada kebijakan lebih lanjut. 

07 JULI 2021
SURAT EDARAN WALIKOTA YOGYAKARTA NO : 451/3582/SE/2021

PANDUAN PENYELENGGARAAN IBADAH IDUL ADHA 1442 H/2021 M 
DALAM SITUASI PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT (PPKM)
DARURAT CORONA VIRUS DISEASE (COVID-19)
DI KOTA YOGYAKARTA


Dalam sambutannya beliau mengapresiasi kegiatan sosialisasi ini sebagai upaya dari pemerintah khususnya Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat mulai dari peningkatan kualitas kesehatan hewan, peningkatkan kualitas penanganan dan penyembelihan hewan qurban secara syar'i serta peningkatan kualitas penanganan daging qurban sampai dengan distribusi  ke tangan penerima daging qurban. Hal itu sebagai bagian untuk meningkatkan kualitas  pelayanan kepada masyarakat yang ingin berqurban sehingga masyarakat semakin puas dan merasa lebih afdol.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, Ir. Suyana dalam Pemaparannya menyampaikan kebijakan terkait Pemotongan hewan Qurban dalam masa pandemi dan menghimbau kepada seluruh pengurus Takmir/pengelola pemotongan hewan qurban untuk memperhatikan 3 point yaitu :
1. Disiplin protokol kesehatan
2. Pemotongan hewan qurban yang sesuai syariat, dan
3. Kesejahteraan hewan.

Materi pertama tentang Penyembelihan Hewan Qurban di Masa Pandemi dalam perspektif syariah yang disampaikan oleh Nadhif, S.Ag, M.Si selaku Kepala Bidang Urusan Agama Islam, Koordinator Satgas Sertifikasi Halal DIY.

Materi kedua disampaikan oleh drh. Supriyanto, M.VPH (Kepala Seksi Ketahanan Pangan Dinas Pertanian dan Pangan) tentang Pengelolaan Hewan dan Penanganan Daging Qurban yang Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH).

Diharapkan dengan acara sosialisasi ini pengurus Takmir/pengelola pemotongan hewan qurban dapat melakukan pemotongan hewan qurban dan penanganan daging qurban sesuai dengan tatacara/arahan yang sudah disampaikan sehingga dapat meningkatkan kualitas daging qurban.

Bagi petugas Takmir/pengelola pemotongan hewan qurban yang ketinggalan menyaksikan acara sosialisasi ini dapat melihat melalui kanal  Pemkot Jogja.

Buku (pdf) "Penanganan Hewan Qurban Kota Yogyakarta -di Masa Pandemi Covid 19 - Tahun 2021 (1442 Hijriah)" dapat dilihat melalui link berikut : https://bit.ly/3enYZyG

ditulis oleh : Rufaida Ulfa, STP (Pengawas Mutu Hasil Pertanian Pertama)