Panen Perdana Hidroponik di KWT Purwotani, Pakualaman

Rabu, 1 September Tahun 2021 dilaksanakan panen perdana hidroponik di KWT Purwotani yang berlokasi di Kelurahan Purwokinanti, Kemantren Pakualaman. Kegiatan ini merupakan bagian dari Kegiatan Pertanian Lahan Sempit yang didanai melalui Dana Keistimewaan DIY Tahun 2021. Sayuran yang dipanen yaitu selada, kangkung, caisim dan pakcoy.

Hadir pada kesempatan berikut GKBRAy Adipati Paku Alam X yang untuk mengawali kegiatan panen perdana tersebut.

Hadir pula Mantri Pamong Praja Kemantren Pakualaman, Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY, Kepala Bidang Pertanian Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, Penyuluh Pertanian Kota Yogyakarta, Lurah Purwokinanti dan seluruh anggota KWT Purwotani.

Dari total 15 unit instalasi hidroponik di KWT Purwokinanti, 11 diantaranya diletakkan di komplek Puro belakang, 2 unit diletakkan di dalam komplek Puro Pakualaman dan 2 unit diletakkan di depan Kantor Kelurahan Purwokinanti.

Hasil panen hari ini yaitu selada sebanyak 30 kg, kangkung 40 kg, caisim 20 kg dan 8 kg. Hasil panen sebagian dipasarkan ke anggota kelompok tani dan warga. Sedangkan sebagian lainnya akan diolah untuk konsumsi warga yang menjalani isolasi mandiri Covid 19.