Kunjungan Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar ke RPH Giwangan Kota Yogyakarta

 

Oleh: drh. Muhammad Arifin

Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta hari ini, Kamis, 14 Oktober 2021 menerima kunjungan dari Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar dalam rangka kunjungan kerja terkait pengelolaan Rumah Potong Hewan (RPH) Giwangan Kota Yogyakarta. RPH Kota Makassar yang baru beroperasi bulan Mei 2021 ini perlu mendapatkan informasi terkait pengelolaan di RPH yang sudah berjalan dengan baik salah satunya di RPH Giwangan.

Personil dari Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar yang berjumlah 6 orang tersebut diterima di Ruang Rapat Mas Kirana untuk mendapatkan pemaparan tentang RPH Giwangan yang disampaikan oleh drh. Sri Panggarti selaku Kepala Seksi Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner. Pada kesempatan ini disampaikan tentang profil RPH, sistem kerja, pengguna layanan RPH, alur produksi, pengolahan limbah, dll. Setelah pemaparan profil dan pengelolaan di RPH Giwangan dilanjutkan dengan diskusi terkait permasalahan dan solusi yang dapat ditempuh dalam pengelolaan RPH.

Setelah cukup mendapatkan penjelasan dan diskusi, acara selanjutnya adalah kunjungan ke RPH Giwangan. Tamu diajak berkeliling RPH Giwangan untuk melihat secara langsung kondisi di RPH Giwangan, baik itu bangunan, peralatan, pelaksanaan pemotongan, lingkungan, dll. Acara selesai sekitar pukul 12.00.