Pertemuan Forkompinda Kelautan Perikanan dan Penyerahan Hadiah Pemenang Lomba Pra-CBIB DI. Yogyakarta

Penulis : Indah Hapsari

Editor :drh. Sri Panggarti

 

        Senin, 25 Oktober 2021, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, Ir. Suyana, menghadiri pertemuan Forum Komunikasi Pimpinan Tinggi Daerah (Forkompinda) Kelautan dan Perikanan se-DIY di Pantai Baru, Bantul, DIY. Pertemuan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas dan Kepala Bidang yang membidangi kelautan dan perikanan di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

          Pertemuan Forkompinda dibuka oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan DIY, Ir. Bayu Mukti Sasongko, M.Si, yang menyampaikan pertemuan kali ini dimaksudkan untuk Eksebesi Perahu Nelayan yang melaut di Pantai Baru sehingga dapat mengetahui produktifitas nelayan di Pantai Baru dalam hasil tangkapan yang didapatkan. Selain itu, tujuan utama dari pertemuan ini adalah penyerahan hasil pemenang lomba kegiatan kelautan dan perikanan, baik dari bidang budidaya, pengolahan atau penangkapan ikan di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

          Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Mina Julantoro Asri, binaan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, mendapatkan juara ketiga lomba Pra-CBIB(Cara Budidaya Ikan yang Baik). Penilaian lomba tersebut dilaksanakan pada tanggal 24 Juni 2021 di kolam kelompok Mina Julantoro Asri yang beralamatkan di Dukuh RT 69, Gedongkiwo, Mantrijeron, Yogyakarta. Pokdakan Mina Julantoro Asri mendapatkan hadiah timbangan digital senilai Rp 2.400.000,- yang dimaksudkan untuk membantu pengembangan aset kelompok. Penyerahan piagam, piala dan hadiah ke perwakilan pengurus Pokdakan Mina Julantoro Asri dilakukan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, Ir. Suyana.

          Pertemuan Forkompinda Kelautan dan Perikanan se-DIY ditutup oleh Kanjeng Pangeran Haryo Wironegoro, yang menyampaikan dukungan dan apresiasi untuk pengembangan di sektor kelautan dan perikanan di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. KPH Wironegoro mendorong pengembangan lebih lanjut di wilayah yang memiliki laut supaya Daerah Istimewa Yogyakarta dapat menjadi gerbang keluar masuknya produktifitas sektor kelautan dan perikanan yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Selain itu, KPH Wironegoro mengharapkan agar pemerintah daerah di wilayah, baik kabupaten, kota dan provinsi selalu bersinergi dan tetap solid dalam memajukan sektor kelautan dan perikanan.