Restocking Nilem dan Wader Pari di Sungai Winongo, Code dan Gajah Wong

Penulis: Fajar Indah Hapsari, S.Pi

Editor: Laksmi Kuswandari, S.Pi

------------------------------------------

Hari Kamis, tanggal 4 November 2021, Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta melakukan kegiatan rutin restocking ikan di sungai wilayah Kota Yogyakarta. Restocking merupakan upaya penambahan stok ikan tangkapan untuk ditebarkan di perairan umum yang dianggap telah mengalami krisis akibat penangkapan ikan yang berlebihan.

Perairan umum mempunyai posisi yang strategis dan berfungsi dalam banyak sektor, dari sektor perairan, pariwisata, pemukiman dan sebagainya. Perairan umum terdiri dari sungai, danau, waduk, rawa dan genangan air lainnya. Restocking ikan kali ini dilakukan di tiga sungai wilayah Kota Yogyakarta, yaitu sungai Winongo, Code dan Gajah Wong. Penebaran ikan dilakukan pada empat titik di wilayah sungai tersebut. Titik – titik penebaran berada di wilayah kelurahan Pakuncen, Patangpuluhan, Keparakan dan Giwangan.

 

Komoditas ikan yang di-restocking adalah nilem dan wader pari. Nilem dan wader pari merupakan ikan – ikan endemik yang berasal di wilayah sungai. Tujuan dari penebaran ikan - ikan tersebut diharapkan dapat melestarikan ikan endemik yang ada di sungai Winongo, Code dan Gajah Wong. Jumlah ikan nilem dan wader pari yang ditebar di masing – masing titik sebanyak 9.582 ekor. Ikan nilem dan wader pari tersebut hasil dari budidaya dari Balai Pengembangan Teknologi Perikanan Budidaya (BPTPB) Cangkringan, Sleman.

Restocking ikan dilakukan bersama dengan Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) wilayah sungai – sungai yang ditebar, antara lain Pokmaswas Cinde Amoh dan Mina Code. Dengan adanya kerjasama antara dinas dengan Pokmaswas terkait diharapkan sungai – sungai di wilayah Kota Yogyakarta dapat terjaga baik dan populasi ikan – ikan endemik di perairan umum dapat tetap lestari.