Pelatihan Pertanian Perkotaan Tahap IV (Hidroponik)

Pelatihan Pertanian Perkotaan Tahap IV dengan topik budidaya hidroponik dilaksanakan di PT Agropedia Nusantara yang berlokasi di Hargomulyo No.5, Pripih, Hargomulyo, Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Peserta pelatihan adalah Penyuluh Swadaya dan perwakilan petani dari 14 Kemantren di Kota Yogyakarta. Penyuluh Pertanian se Kota Yogyakarta juga turut serta mendampingi pelatihan tersebut. 

Pelatihan dibuka oleh Kepala Seksi Bimbingan Usaha Pertanian, Mbari Ambarwati, S.P. Topik Hidroponik dipilih karena hidroponik adalah salah satu bentuk mekanisasi pertanian sederhana yang sudah mulai dikenal dan dikembangkan oleh kelompok tani di Kota Yogyakarta. Peserta pelatihan yang dipilih adalah mereka yang mempunyai keinginan untuk mengembangkan sistem budidaya hidroponik di wilayahnya. Selain itu Penyuluh Pertanian juga memerlukan penyegaran mengenai budidaya hidroponik sebagai persiapan pengelolaan instalasi hidroponik yang akan ditempatkan di BPP pada Tahun 2022.

Instruktur pelatihan sekaligus pemilik dan pengelola di PT Agropedia Nusantara adalah Bapak Bayu dan Bapak Ardi. Materi pelatihan berupa teori dan praktek budidaya hidroponik untuk pemula. Sebelumnya peserta diajak untuk melihat pertanaman hidroponik secara langsung.

Peserta pelatihan diajak mempraktekan cara mencampur nutrisi hidroponik atau AB Mix. Pemahaman mengenai nutrisi hidroponik adalah hal yang sangat penting karena pada sistem budidaya hidroponik nutrisi merupakan satu - satunya sumber unsur hara yang dibutuhkan tanaman budidaya. Ketepatan pemberian nutrisi akan sangat menentukan kualitas dan produksi tanaman.