PELATIHAN KELOMPOK MASYARAKAT PENGAWAS (POKMASWAS) DI WILAYAH KOTA YOGYAKARTA

Pada hari Kamis, 17 Maret 2022, Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta mengadakan Pelatihan Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) wilayah Kota Yogyakarta di Balai Benih Ikan (BBI) Nitikan yang dihadiri dari Pokmaswas Cinde Amoh Giwangan, Mina Code Keparakan, Code Asri Prawirodirjan dan Gajahwong Tirto Piguno Prenggan. Pokmaswas  tersebut bertugas menjaga perairan umum, terlebih sungai – sungai di wilayah Kota Yogyakarta seperti sungai Gajahwong, Code dan Winongo.

   

Pelatihan Pokmaswas kali ini tentang sosialisasi tugas dan fungsi Pokmaswas serta berbagai jenis ikan invasif yang tidak disarankan untuk ditebar atau dibuang ke perairan umum karena dapat merusak keanekargaman hayati asli perairan umum tersebut. Narasumber dalam pelatihan Pokmaswas tersebut dihadirkan dari Dinas Kelautan dan Perikanan DIY serta Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Yogyakarta.

  

Pada akhir acara, dinas memberikan perlengkapan penunjang kegiatan pengawasan anggota Pokmaswas dalam bertugas berupa senter sorot dan rompi. Perlengkapan tersebut diharapkan dapat bermanfaat untuk Pokmaswas.

#DinasPertanianPanganYogyakarta #Pokmaswas #IkanInvasif #PengawasPerairanUmum #bkipmyogyakarta #dislautkandiy