Identifikasi Tanaman Mangga di Keraton Yogyakarta

oleh: Rijkhy Syakur (pengelola perbenihan bidang pertanian}

Rabu, 25 Mei 2022, telah dilakukan identifikasi tanaman mangga di dalam lingkungan keraton Yogyakarta. Kegiatan ini dilakukan oleh tim dari Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, Balai Pengembangan Perbenihan dan Pengawasan Mutu Benih Tanaman Pertanian (BPPPMBTP) DIY, Balai  Proteksi Tanaman Pertanian (BPTP) DIY, serta di dampingi oleh Ibu Heni selaku pengelola bidang rumah tangga keraton dan GBPH Condrodiningrat. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadikan tanaman mangga yang ada di keraton sebagai calon indukan lokal yang berasal dari keraton.

Kegiatan pada hari tersebut telah berhasil mengidentifikasi 5 varietas mangga dari 26 varietas mangga yang dimiliki di keraton. Varietas mangga yang berhasil diidentifikasi merupakan koleksi dari HB I yaitu mangga cempuro dan mangga arjuna. Untuk koleksi HB IV yaitu mangga sengir, mangga semar, dan mangga gedhong gincu. Mangga yang telah berhasil diidentifikasi diambil sampel daun, bunga, dan buah oleh tim BPTP.

Tahapan mangga yang sudah diidentifikasi selanjutnya akan terus diamati hingga semua tanaman berbuah untuk mendapatkan sampel. Sampel yang sudah terkumpul akan diteliti lebih dalam. Selanjutnya akan diidentifikasi lagi varietas mangga yang lain. Jika varietas mangga belum terdaftar maka akan didaftarkan menjadi tanaman asli keraton.