Kementerian Sekretariat Negara RI Kunjungan Kerja ke Dinpertangan Kota Yogyakarta

Selasa, 31 Mei 2022 pukul 08.30 wib Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta berkesempatan menerima kunjungan kerja dari Asisten Deputi Infrastruktur, Ketahanan Energi, dan Sumber Daya Alam, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Ekonomi, dan Peningkatan Daya Saing, Sekretariat Wakil Presiden, Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Sejumlah lima orang dipandegani oleh Sri Prastiwi Utami selaku Asisten Deputi Infrastruktur, Ketahanan Energi, dan Sumber Daya Alam, didampingi Analis Kebijakan Madya dan Analis Kebijakan Muda, diterima langsung oleh Kepala Dinas Ir. Suyana didampingi Kepala Bidang, Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, dan Pejabat Kelompok Fungsional di ruang rapat raja bagus.

Kunjungan kerja ini dalam rangka pelaksanaan tugas dan fungsi Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Ekonomi dan Peningkatan Daya saing untuk memberikan dukungan analisis kepada Wakil Presiden terkait pertanian dan pangan, sehingga perlu melakukan penyerapan pandangan/kunjungan lapangan untuk memperoleh data dan informasi mengenai Program Kampung Sayur di Kota Yogyakarta. Beberapa pertanyaan terkait kampung sayur dilontarkan Asisten Deputi diantaranya proses terjadinya kampung sayur, tanggapan warga terkait kampung sayur, manfaat kampung sayur, sustainability kampung sayur, serta ketersediaan pupuk.

Diskusi berjalan dinamis lebih kurang 45 menit, dilanjutkan foto bersama. Setelahnya tamu melanjutkan melihat kegiatan di lapangan lingkup Dinas, yaitu ke Kebun Plasma Nutfah Pisang dan perbanyakan pisang secara kultur jaringan. Di KPNP tamu berkeliling melihat koleksi tanaman pisang sekaligus mengamati tanaman sayuran yang ditanam disekitar kebun seperti gambas, bayam, terong, dan cabai yang diantaranya ditanam sebagai peneduh jalan, tumpang sari, dan wall planter bag. Sebagai pamungkas Suyana menyampaikan  bahwa Dinpertangan memiliki program sebagai  penyedia kebutuhan benih pisang dan buah-buahan yang bersertifikat di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.