Kegiatan BPP Mitra bersama Polbangtan YoMa di KT Sanggrahan Garden

Kegiatan BPP Mitra bersama Polbangtan YoMa berupa Bimbingan Teknis (Bimtek) dengan topik biokonversi limbah organik melalui pemanfaatan maggot BSF, kerjasama antara Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan Yoma) dengan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta yang  diadakan pada hari kamis tanggal 2 Juni 2022 di Gedung LPMK Kelurahan Giwangan. Acara dihadiri oleh Direktur Polbangtan dalam hal ini diwakili oleh Ibu Ir. Rika Nalinda, M.P., dan dari Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta diwakili oleh Kepala Bidang Pertanian Ibu Eny Sulistyowati, S.P. Acara ini diikuti oleh 20 orang dari anggota Kelompok Tani Sanggrahan Garden.

Foto bersama peserta Bimtek

Acara bimtek dibuka dengan sambutan dari Kepala Bidang Pertanian, Ibu Eny Sulistyowati, S.P. Dalam sambutannya beliau mengapresiasi Kelompok Tani Sanggrahan Garden yang masih eksis dalam berkegiatan.

Sambutan oleh Ibu Eny Sulistyowati, S.P.

Setelah sambutan dari Kepala Bidang Pertanian dilanjutkan dengan sambutan oleh Ibu Rika Nalinda, Dalam sambutannya beliau menyoroti masalah sampah di kota Yogyakarta yang ramai dibicarakan terkait penutupan TPA Piyungan, salah satu alternatif solusi yang ditawarkan yaitu biokonversi limbah organik melalui pemanfaatan maggot BSF.

Sambutan oleh Ir. Rika Nalinda, M.P.

Acara inti yaitu penyampaian materi oleh Ibu Endang Rohjiani, S.H dari Kandang Maggot Jogja. Dalam penyampaian materinya Ibu Endang menjelaskan mengenai teknik budidaya maggot, manfaat maggot dan pemasaran hasil budidaya maggot. Maggot adalah pengurai sampah tercepat, 10.000 maggot mampu menyerap sampah 2 kg dalam 24 jam. Kelebihan yang dimiliki maggot yaitu kandungan proteinnya yang tinggi, sehingga bagus untuk pakan ternak. Selain produk maggot, kotorannya (kasgot) juga bagus untuk pupuk tanaman. Ibu Endang memandang wilayah Kelurahan Giwangan memiliki kelebihan untuk budidaya maggot karena dekat dengan Pasar Giwangan, area resto/kuliner, perumahan, dan TPS Nitikan, yaitu dalam hal ketersedian limbah/sampah rumah tangga.

Pemaparan materi oleh Ibu Endang Rohjiani, S.H.

Praktek budidaya maggot oleh Ibu Endang

Acara ditutup dengan sambutan dari Ibu Diah selaku Lurah Giwangan, beliau berharap bimtek ini bisa memberikan dampak positif bagi kelompok tani  dan masyarakat Giwangan, besar harapan beliau masalah sampah dapat teratasi dengan pemanfaatan maggot sebagai pengurai sampah.

Penutupan acara bimtek oleh Ibu Diah

 

Penulis : Ahmad Nurcahyo, S.P. dan Barida Juang Mulia, S.P.