Olahan Pangan Lokal Berbahan Dasar Protein melalui Program GEMBROT

 

Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Olahan Pangan Lokal Berbahan Dasar Protein pada tanggal 24, 25, 27, 30 dan 31 Mei 2022. Kegiatan dilaksanakan di 10 lokasi dengan sasaran peserta dari 15 kelurahan yang mempunyai angka stunting tinggi yaitu Bener, Tegalrejo, Tegalpanggung, Kricak, Suryodiningratan, Mantrijeron, Muja-Muju, Wirobrajan, Notoprajan, Panembahan, Bumijo, Baciro, Wirogunan, Tahunan dan Brontokusuman. Pada masing-masing lokasi dihadiri oleh 40 peserta terdiri dari anak stunting, anak bawah dua tahun, calon manten dan ibu hamil.

Foto 1. Bimbingan Teknis Olahan Pangan Lokal Berbahan Dasar Protein di Kelurahan Kricak

Bimbingan Teknis Olahan Pangan Lokal Berbahan Dasar Protein melalui program Gemar Makan Berbahan Protein (“Gembrot”) bertujuan untuk mengkampanyekan kepada masyarakat akan pentingnya protein dalam tumbuh kembang anak. Instruktur dari Ketua Komisi B DPRD Kota Yogyakarta (Susanto Dwi Antoro, SE) menyampaikan materi pentingnya asupan protein dalam tumbuh kembang anak. Anggota Komisi B DPRD Kota Yogyakarta lainnya (Antonius Fokki Ardiyanto, SIP., Rifki Listianto, S.Si., R. Krisma Eka Putra, S.E., Oleg Yohan, dan Nurcahyo Nugroho) juga berpartisipasi sebagai Instruktur di beberapa lokasi lainnya. Instruktur dari Akademisi STP AMPTA Yogyakarta, Chef Prasetyo dan Chef Hermawan menyampaikan materi tentang berbagai macam olahan berbahan dasar protein tanpa mengurangi nilai gizi yang terdapat dalam bahan pangan.

Foto 2. Penyerahan Simbolis Paket Bahan Pangan Olahan Pangan Lokal Berbahan Dasar Protei

Instruktur dari Ketua Komisi B DPRD Kota Yogyakarta (Susanto Dwi Antoro, SE) menyampaikan materi pentingnya asupan protein dalam tumbuh kembang anak. Anggota Komisi B DPRD Kota Yogyakarta lainnya (Antonius Fokki Ardiyanto, SIP., Rifki Listianto, S.Si., R. Krisma Eka Putra, S.E., Oleg Yohan, dan Nurcahyo Nugroho) juga berpartisipasi sebagai Instruktur di beberapa lokasi lainnya. Instruktur dari Akademisi STP AMPTA Yogyakarta, Chef Prasetyo dan Chef Hermawan menyampaikan materi tentang berbagai macam olahan berbahan dasar protein tanpa mengurangi nilai gizi yang terdapat dalam bahan pangan.

Pada akhir acara, 40 peserta bimbingan teknis mendapatkan paket bahan pangan olahan berbahan dasar protein yang terdiri dari ayam frozen, lele frozen, telur asin dan susu. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mendorong dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya konsumsi protein.