Bimbingan Teknis Budidaya Sayur di 14 Kemantren

UU No 18 Th 2012 Tentang Pangan menyebutkan bahwa pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi. Ketahanan Pangan adalah kondisi terpenuhinya Pangan bagi negara sampai dengan perseorangan, yang tercermin dari tersedianya Pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, beragam, bergizi, merata, dan terjangkau serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat, untuk dapat hidup sehat, aktif, dan produktif secara berkelanjutan. Salah satu unsur masyarakat yang berperan dalam upaya pemenuhan kebutuhan pangan di Kota Yogyakarta adalah kelompok tani yang melaksanakan kegiatan pemanfaatan pekarangan.

Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta sebagai Perangkat Daerah yang mengurusi pertanian di Kota Yogyakarta melaksanakan beberapa kegiatan dalam rangka meningkatkan produksi dan produktivitas usahatani yang dilaksanakan oleh kelompok tani salah satunya Bimbingan Teknis Budidaya Sayur. Bimtek dilaksanakan di 14 kelompok tani se Kota Yogyakarta dengan beberapa materi yang disampaikan oleh instruktur yang kompeten di bidangnya :

  1. Teknis Budidaya : Penyuluh Pertanian (PPL)
  2. Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman : Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) DIY
  3. Good Handling Proceses (GHP) : OKKPD DIY

Lokasi dan waktu pelaksanaan Bimbingan Teknis Budidaya Sayur Tahun 2022 ini yaitu :

1. Senin, 30 Mei 2022 : KT Welan Asri, Tegalrejo dan KWT Code Hijau Asri, Mergangsan

2. Selasa, 31 Mei 2022 : KT Kapanawa, Pakualaman dan KT Maju Lancar, Wirobrajan

3. Kamis, 2 Juni 2022 : KT Loh Jinawi, Mantrijeron, KT Subur Ceria, Gedongtengen

4. Senin, 6 Juni 2022 : KWT Sekar Arum, Danurejan dan KWT Maharani, Kotagede

5. Selasa, 7 Juni 2022 : KT Suka Tanam, Ngampilan dan KWT Matahari, Gondomanan

6. Rabu, 8 Juni 2022 : KT Rosella, Jetis dan KWT Nusa Indah, Gondokusuman

7. Kamis, 9 Juni 2022 : KT Gading Asri, Kraton dan KT Celeban Subur, Umbulharjo

Selain materi, peserta bimtek juga memperoleh bahan percontohan yang harus dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk pemanfaatan pekarangan oleh kelompok tani berupa benih, bibit, polybag, pot, pupuk dan media tanam

Tujuan dari dilaksanakannya bimtek ini adalah meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap anggota kelompok tani dalam budidaya sayur, dengan maksud meningkatkan ketahanan pangan keluarga dan masyarakat melalui kegiatan pemanfaatan pekarangan yang dilaksanakan oleh kelompok tani.