PELAKSANAAN VAKSINASI RABIES GRATIS DI KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2022

            Rabies merupakan Penyakit Hewan Menular Strategis yang menyerang hewan berdarah panas, terutama mamalia seperti anjing, kucing dan kera. Rabies perlu diwaspadai karena merupakan salah satu penyakit hewan yang bersifat zoonosis (penyakit dapat menular dari hewan ke manusia dan sebaliknya) di mana manusia dapat tertular melalui perlukaan dan gigitan hewan yang terinfeksi.

            Sampai saat ini, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan provinsi bebas penyakit Rabies berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian Nomor 892/Kpts/TN.560/9/97 pada tanggal 9 September 1997. Meskipun merupakan salah satu provinsi yang Bebas Penyakit Rabies, bukan berarti tidak perlu waspada dengan penyakit rabies. Adanya lalu lintas Hewan Pembawa Rabies (HPR) seperti anjing, kucing, dan kera yang dapat memungkinkan terjadinya kembali penularan kasus rabies, sehingga perlu tindakan pencegahan, salah satunya kegiatan vaksinasi rabies pada hewan penular rabies.

            Setiap tahun, Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta rutin mengadakan kegiatan vaksinasi rabies gratis untuk hewan anjing, kucing dan kera yang berdomisili di Kota Yogyakarta. Tahun ini, Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta mengadakan kegiatan tersebut di 45 kelurahan di Kota Yogyakarta pada tanggal 1 – 27 September 2022. Selain itu, kegiatan vaksinasi rabies gratis juga dilaksanakan di Poliklinik Hewan Kota Yogyakarta dan 10 dokter hewan praktik di Kota Yogyakarta pada tanggal 1 – 28 September 2022. Hewan yang divaksin  yaitu anjing, kucing dan kera yang berdomisili di Kota Yogyakarta.

            Sampai pada hari Jumat (16 September 2022), sudah terlaksana vaksinasi rabies di 27 Kelurahan dan 10 titik tempat praktik dokter hewan dan Poliklinik Hewan Kota Yogyakarta dengan jumlah anjing 218 ekor, kucing 904 ekor dan kera 1 ekor sehingga total hewan yang tervaksinasi sebanyak 1123 ekor

Gambar 1. Kegiatan Vaksinasi Rabies Gratis Tahun 2022 di Kelurahan Gedongkiwo (atas) dan Karangwaru (bawah)

Gambar 2. Kegiatan Vaksinasi Rabies Gratis Tahun 2022 di Kelurahan Tegalrejo (atas) dan Purwokinanti (bawah)

Gambar 3. Kegiatan Vaksinasi Rabies Gratis Tahun 2022 di Kelurahan Prawirodirjan (atas) dan Giwangan (bawah)

Gambar 4. Kegiatan Vaksinasi Rabies Gratis Tahun 2022 di Kelurahan Patangpuluhan (atas) dan Kadipaten (bawah)

Gambar 5. Kegiatan Vaksinasi Rabies Gratis Tahun 2022 di Kelurahan Tahunan (atas) dan Poliklinik Hewan Kota Yogyakarta (bawah)