Panen Bersama dan Pengukuhan Forum Gapoktan Kemantren Ngampilan

“Ayo Nenandur Supoyo Uripe Makmur” atau dalam Bahasa Indonesia berarti “Ayo Bertani Agar Hidupnya Sejahtera” adalah motto atau tagline yang diluncurkan oleh Forum Gapoktan Kemantren Ngampilan sebagai penyemangat dalam upaya penguatan ketahanan panan oleh Kelompok Tani.

 

Forum Gapoktan Kemantren Ngampilan hari ini, Selasa 11 Oktober 2022 bertempat di Balai Rw 13 Ngadiwinatan, Ngampilan dikukuhkan oleh Mantri Pamong Praja Kemantren Ngampilan dengan harapan Forum Gapoktan ini dapat menjadi sarana menguatkan kelembagaan serta meningkatkan skala ekonomi dan efisiensi usahatani di wilayah Kemantren Ngampilan.

 

Hadir dalam kesempatan ini pula Kepala Dinas Petanian dan Pangan Kota Yogyakarta Ir. Suyana, Kepala Bidang Pertanian, Lurah Notoprajan, Lurah Ngampilan, segenap pengurus Forum Gapoktan Kemantren Ngamipilan dan anggota KT NGudi Manunggal. Dalam sambutannya Ir. Suyana menyampaikan pentingnya peran kelompok tani dan kegiatan pemanfaatan pekarangan yang giat dilaksanakan di wilayah Kota Yogyakarta dalam memperkecil dampak inflasi di masyarakat. Hasil panen kelompok tani harus dapat dirasakan manfaatnya oleh anggota kelompok tani dan masyarakat sekitar, salah satunya adalah ditribusi hasil panen kepada warga masyarakat rawan stunting antaralain ibu hamil, ibu menyusui dan ibu dengan balita.

Sambutan dilanjutkan dengan penyerahan buku administrasi kelompok tani dari Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta secara simbolis kepada kelompok tani Kota Yogyakarta, diterima oleh Sekretaris KT Ngudi Manunggal. Penyerahan buku administrasi ini adalah salah satu upaya dari Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta dalam rangka penguatan kelembagaan kelompok tani.

 

Acara dilanjutkan dengan panen bersama di kebun KT Ngudi Manunggal, diantaranya panen sayuran hidroponik yang merupakan hibah dari DPKP DIY dan telah secara konsisten dimanfaatkan oleh KT Ngudi Manunggal untuk berbudidaya sayuran.

 

 

Selain sayuran hidroponik, Ir. Suyana juga berkenan melakukan panen ikan lele dan ikan nila yang merupakan sub usahatani dari KT Ngudi Manunggal.

Diharapkan kegiatan panen bersama dan Pengukuhan Forum Gapoktan Kemantren Ngampilan ini dapat memberikan tambahan semangat dan motivasi bagi petani di wilayah Kemantren Ngampilan dalam upaya penguatan ketahanan pangan.