WORKSHOP OLAHAN IKAN BERBAHAN DASAR IKAN LELE DINAS PERTANIAN DAN PANGAN KOTA YOGYAKARTA

Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta melaksanakan kegiatan workshop olahan ikan yang dibuka oleh Kepala Bidang Perikanan dan Kehewanan Ibu drh. Sri Panggarti sebagai salah satu upaya untuk memperkenalkan berbagai olahan ikan yang mudah, murah dan kekinian. Sehingga olahan berbahan ikan ini akan semakin diminati masyarakat dan pada akhirnya akan meningkatkan angka konsumsi ikan di Kota Yogyakarta yang pada saat ini sebesar 35,62 kg/cap/tahun.

Workshop olahan ikan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 10 November 2022 bertempat di Pendopo Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, dengan mengundang 20 orang peserta yang berasal dari anggota kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) dan kelompok pengolah pemasar (Poklahsar) dengan materi pengolahan lele menjadi olahan  Kembang Waru dan Rolade dengan instruktur dari Asosiasi pengolah dan pemasar Mimi lan Mintuno Sejatera yaitu Ibu Endang Dwi Utami dan Ibu Tolok Tri Asih.

Ikan lele (Clarias gariepinus)  dipilih sebagai bahan utama karena mudah didapat dan harga relative terjangkau dan banyak diproduksi oleh Pokdakan Kota Yogyakarta, selain itu ikan lele memiliki kandungan gizi yang tinggi, diantaranya protein, fosfor, kalium, lemak, omega-3, omega-6, dan vitamin B12.