Sosialisasi Pemotongan Hewan ASUH

Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, pada hari Rabu, 17 Mei 2023 menyelenggarakan Sosialisasi Pemotongan Hewan ASUH (Aman, Sehat, Utuh, dan Halal) yang bertempat di Aula Rumah Potong Hewan Kota Yogyakarta. Narasumber pada acara tersebut yaitu Eko Agus Wibowo, S.Sos.I dari Penyuluh Agama Islam KUA Gondomanan dan drh. Dyah Ayu Widiasih, Ph.D yang merupakan dosen dari Departemen Kesehatan Masyarakat Veteriner, Pusat Inovasi Keamanan dan Kehalalan Produk Hewan (PIAPH) Fakultas Kedokteran Hewan UGM.

Dalam acara ini dihadiri oleh para jagal, anak jagal, dan paguyuban juru kelet di Kota Yogyakarta. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatan pemahaman mengenai pemotongan hewan yang sesuai Syariat Islam dan prinsip kesejahteraan hewan, penanganan hewan setelah dipotong sehingga dihasilkan daging yang ASUH, serta dapat membentuk jejaring komunikasi antar instansi terkait, pelaku usaha, dan masyarakat dalam pelaksanaan pemotongan hewan dan penanganan daging.

Peserta nampak antusias saat mendengarkan materi yang disampaikan oleh kedua narasumber. Bapak Eko Agus menyampaikan materi mengenai Pemotongan Hewan Qurban Sesuai Syariat Islam. Dalam penjelasannya Bapak Eko menyampaikan bahwa dalam menyembelih hewan qurban harus mengedepankan adab dan etika sesuai ajaran Islam. Pemateri kedua drh. Dyah Ayu Widiasih, Ph.D menyampaikan tentang Pemotongan Hewan dari segi ASUH dan Kesejahteraan Hewan (KESRAWAN) yang merupakan aspek penting dan harus diperhatikan guna menghasilkan daging yang ASUH.