Bimbingan Teknis Pemotongan Hewan Kurban

Pada hari Selasa tanggal 13 Juni 2023 dilaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Pemotongan Hewan Kurban yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan fasilitator adalah petugas dari Rumah Potong Hewan Giwangan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan kegiatan hari kedua, dimana pada hari sebelumnya pemaparan materi oleh narasumber terkait perkembangan situasi wabah PMK dan LSD di Daerah Istimewa Yogyakarta, penerapan hygiene dan sanitasi pemotongan hewan kurban pada situasi wabah, tata cara pemilihan dan pemotongan hewan kurban serta penerapan kesejahteraan hewan pada hewan kurban.                                                                                                                     

                                                                                                                                                                                                             

Pada sesi ini peserta diberi bimbingan tentang pemeriksaan antemortem – postmortem , perobohan ternak, praktik penyembelihan, penanganan karkas dan jerohan serta proses parting. Kegiatan ini diikuti oleh 50 peserta dari Takmir/Panitia Kurban dari 5 kabupaten/kota di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kegiatan bimbingan teknis ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan Takmir Masjid atau Panitia Kurban di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dalam penyembelihan dan penanganan hewan kurban sehingga dengan pembekalan materi yang cukup, para peserta nantinya dapat menerapkan tata cara penyembelihan dan penanganan hewan kurban yang baik dan benar di wilayahnya masing-masing.