RPH Giwangan Menjadi Salah Satu Tujuan Program 'Summer Course 2023 On Halal'

Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga dalam program Summer Course 2023 dengan tema “Fostering the Halal Industry through Science and Technology Perspectivesmenjadikan RPH Giwangan sebagai salah satu pilihan kunjungannya. Kunjungan yang dilakukan pada hari Kamis (13/7) dihadiri oleh 37 peserta yang  berasal dari dalam lingkup UIN dan dari luar negeri seperti dari Yaman, Somalia, Mesir, dan India

Pimpinan rombongan kunjungan Lela Susilawati Ph.D menyampaikan bahwa tujuan kunjungan Summer Course kali ini adalah untuk memberikan kesempatan peserta Summer Course mengetahui praktik penyembelihan hewan dalam konteks industri halal sehingga peserta paham tentang pentingnya aspek kehalalan dalam proses penyembelihan hewan dan implikasinya terhadap industri halal untuk menghasilkan produk pangan yang halal.

 Peserta kunjungan diterima di Aula RPH Giwangan oleh Kepala Bidang Perikanan dan Kehewanan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, drh. Sri Panggarti. Dalam pemaparannya, drh. Sri Panggarti menyampaikan tentang profil RPH Giwangan, proses pemotongan hewan di RPH Giwangan juga penyakit-penyakit yang harus diwaspadai saat ini diantaranya Anthraks dan PMK. Perserta terlihat antusias mendengarkan paparan dan aktif dalam kegiatan diskusi terkait materi tersebut. Terakhir dari kunjungan ini, peserta di tunjukkan secara langsung sarana dan prasarana, alur produksi dan proses pengolahan limbah di RPH Giwangan.