Liputan Agro Expo J-Tugu 2023

Acara  Agro Expo J-Tugu 2023 diselenggarakan pada hari Jumat (21/7) sampai Minggu (23/7) di Sub Raiser Ikan Hias Yogyakarta. Rangkaian kegiatan Agro Expo J-Tugu 2023 meliputi pameran olahan perikanan dan aneka tanaman, konsultasi pertanian, pangan, kesehatan hewan dan perikanan, kuis tebak jumlah ikan berhadiah ikan beta, edukasi perikanan & Gemarikan, kontes ikan guppy, demo masak olahan ikan, serta kontes ikan guppy

Acara dibuka pada hari Jumat (21/7) oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kota Yogyakarta, Drs. Kadri Renggono, M.Si. Turut hadir Wakil Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY, R Hery Sulistio Hermawan S.Pi, MT, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Yogyakarta, Octo Noor Arafat, S.I.P., M.Si., Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, Ir. Suyana, serta perwakilan dari Polresta Kota Yogyakarta dan Kodim Kota Yogyakarta. Acara resmi dibuka secara simbolis dengan pelepasan ikan guppy ke dalam akuarium, dilanjutkan dengan diskusi tentang budidaya ikan guppy bersama Komunitas Guppy Kota Yogyakarta dan diakhiri dengan kunjungan ke stan pameran. Selain acara pembukaan, diselenggarakan juga kegiatan edukasi pengenalan aneka ikan hias dan sosialisasi Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) kepada peserta TK dari TK ABA Gedongkiwo, TK PKK Gedongkiwo, TK ABA Dukuh dan PAUD TB I – TB II XVIII Gedongkiwo.

 

Kegiatan hari Sabtu (22/7) adalah acara Demo Masak Olahan Ikan dengan pemateri dari Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA dan peserta dari pengolah hasil perikanan dan ibu-ibu warga Kampung Dukuh, Gedongkiwo, Mantrijeron sebanyak 30 orang. Adapun kegiatan tersebut ditunjukkan cara pemilihan, penanganan dan penyimpanan ikan segar serta demo memasak dimsum ikan, ekado dan tom yam goong yang mudah dipraktekkan oleh para peserta.

Kegiatan hari Minggu (23/7) adalah Lomba Kontes Ikan Guppy Piala Walikota “De Battle of Fighter” dengan peserta sebanyak 518 ekor ikan dari Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, hingga Kalimantan dan Sulawesi. Dipilih juara Best of Show kelas Junior dan Senior serta Best of Fighter untuk komunitas ikan guppy dengan nominasi terbanyak dari 2 kelas dengan masing-masing terdiri dari 10 kategori. Acara ditutup oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, Ir. Suyana.

Secara keseluruhan, acara Agro Expo J-Tugu 2023 berjalan dengan lancar. Para pengunjung tampak antusias mengunjungi stan pameran yang ada di lokasi.

 

Sampai berjumpa lagi di Agro Expo J-Tugu 2024!