Sosialisasi Kesejahteraan Hewan

Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta menggelar Acara Sosialisasi Kesejahteraan Hewan pada hari Selasa (25/7) di Aula Rumah Potong Hewan Giwangan. Peserta berasal dari anggota Paguyuban Kusir Andong yang beroperasi di kawasan Malioboro, Kota Yogyakarta. Tujuan dari sosialisasi ini adalah sebagai review dan meningkatkan kapasitas kusir berkaitan dengan pemeliharaan maupun teknis penanganan kuda andong yang sesuai dengan prinsip-prinsip kesejahteraan hewan. Sebanyak 24 anggota dari 15 Kelompok Kusir Andong hadir dalam acara ini.

 

Narasumber pada acara ini adalah Ir. Oleg Yohan dari Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Yogyakarta, drh. Yahya Krisna dari Rumah Berkuda Yogyakarta dan Kiswandari Ratna Setyawati dari Animal Friends Jogja (AFJ). Turut hadir Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, Ir. Suyana, dan Kepala Bidang Perikanan dan Kehewanan, drh. Sri Panggarti. Dalam sambutannya, Suyana menjelaskan bahwa Kota Yogyakarta sebagai penggeraknya adalah pariwisata dan pendidikan sehingga dalam melayani wisata juga harus mengedepankan kesejahteraan hewan agar tidak mengecewakan pengunjung.

 

 

 

Ir. Oleg dari Komisi B DPRD Kota Yogyakarta memaparkan materi “Mengemas Andong Sebagai Transportasi Budaya Sebagai Alat Jual Pariwisata Tanpa Meninggalkan Prinsip Kesejahteraan Hewan”. Beliau menjelaskan bahwa diperlukan pemahaman pemilik hewan dalam merawat dan memelihara kuda sebagai penarik andong sesuai prinsip kesejahteraan hewan sebagai transportasi budaya untuk mendukung pariwisata di Kota Yogyakarta. Kemudian, drh. Yahya memaparkan materi “Sistem Manajemen Pemeliharaan dan Kesehatan Kuda sesuai dengan Prinsip Kesejahteraan Hewan”. Beliau menjelaskan bahwa pemilik kuda dan kusir andong perlu memperhatikan kesehatan kuda sebagai wujud implementasi kesejahteraan pada kuda. Terakhir, Kiswandari memaparkan materi “Implementasi Prinsip-Prinsip Kesejahteraan Hewan pada Kuda”. Beliau berpesan agar pemilik kuda dan kusir andong harus menerapkan prinsip kesejahteraan hewan pada kuda andong sehingga kuda merasa nyaman. Setelah pemaparan dari narasumber, dilanjutkan diskusi dengan peserta.

 

Peserta tampak antusias mengikuti acara sosialisasi ini. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan adanya komunikasi lebih lanjut antara Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta dengan Paguyuban Kusir Andong.