Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU) putaran ke-2 Tahun 2023 di Dinas Pertanian dan Pangan

Posbindu yang merupakan program Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, memasuki putaran ke-2 tahun 2023 berlangsung di Dinas Pertanian dan Pangan pada Rabu, 2 Agustus 2023, bertempat di pendopo sangga buana DPP pukul 08.00-12.00 wib.

Sebanyak 8 petugas dari Dinkes, 6 petugas dari Puskesmas Umbulharjo, dan 13 pegawai DPP melayani pegawai dalam mendapatkan pelayanan kesehatan meliputi penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pengukuran lingkar perut,  pengecekan tensi, gula darah, kolesterol, dan konsultasi dokter. Total pegawai yang memeriksakan kesehatan 116.

dr. Iva Kusdyarini selaku Kasie P2PTM (Pencegahan Pengendalian Penyakit Tidak Menular) dan Kesehatan Jiwa Dinkes menyampaikan posbindu merupakan upaya kesehatan yang berbasis masyarakat di lingkungan pegawai bisa di wilayah/institusi, bertujuan untuk mendeteksi dini penyakit tidak menular,  yang penyelenggaran saat ini berkolaborasi dengan program P2PTM dan Puskesmas Umbulharjo I. Harapannya selain ditemukan faktor resiko penyakit, juga bisa memberikan konseling, edukasi, dan rujukan jika diperlukan. Posbindu yang diinisiasi tahun 2022 pada tahun ke-2 ini dikembangkan ke OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang ada di Balaikota, Dinas Pendidikan, Dinas Perdagangan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan, dan DPP. Tahun ini berkolaborasi dengan program P2PTM, ditambah pengendalian tubercolosis dengan screening TBC, dan kesehatan jiwa dari Puskesmas Umbulharjo I.

Pihaknya juga menyampaikan dari hasil pemeriksaan, menduduki urutan pertama adalah obesitas 37% dengan Index Massa Tubuh dan obesitas sentral berdasarkan lingkar perut, hipertensi 14%, hipercholesterol, 6% dan hiperglikemi 3%. Selebihnya normal.

Eva memberikan saran untuk melaksanakan CERDIK yaitu Cek kesehatan secara rutin, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet yang seimbang, Istirahat cukup, dan Kelola stres. Bagi yang sudah terkena penyakit untuk melaksanakan PATUH yakni Periksa kesehatan secara rutin dan ikuti anjuran dokter, Atasi penyakit dengan pengobatan yang tepat dan teratur, Tetap diet dengan gizi seimbang, Upayakan aktivitas fisik dengan aman, Hindari asap rokok, alkohol dan zat karsinogenik.