SEJARAH LAHIRNYA MAJELIS TA'LIM KORPRI KOTA YOGYAKARTA

Penulis: Ust. Sukidi, M.Si (Pengasuh Majelis Ta’lim BKPSDM)

Majlis Ta'lim BKPP (Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan) berdiri tahun 2014. Majlis ini didirikan oleh ibu Hj. Suhartiningsih, S.H. dan didukung oleh beberapa orang, dengan Pengasuh tunggal yaitu Ustadz H.M. Sukidi, M.Si. Sebagai jama'ah awal (Assabiqunal awwalun) Majlis ini adalah Bapak/Ibu Suhartiningsih,S.H., Zuzinul Huda, S.H., Ida Sawitri, S.E., Evi Zulfiah, S.E., Suko Suwandi, Madyaning Krisharyuli, S.Psi. M.Si., Ariana Intan Nurlitarini, S.H., M.Si., Sri Lestari, dan Dita Pradnya Paramita, S.E., Akt., M.M.

Pada awal berdiri, Majlis ini memiliki agenda utama: Tahsinul Quran (halaqoh dan sorogan), Pengajaran Iqro' (sorogan), Tadarrus (halaqoh), dan Mausu'ah Mau'idhotul Hasanah, Pengajaran sholat bagi para Muallaf.

Tadarrus (halaqoh) sudah pernah satu kali khotam dan tasyakuran khotmil quran, sedang tadarus/tahsinul quran (sorogan) pernah mengkhotamkan Al-Quran satu kali  santri yaitu Madyaning Krisharyuli (Madya) pada tahun 2015, dengan jumlah pertemuan 194 kali, tercepat, karena biasanya untuk menyelesaikan tilawah 30 juz dibutuhkan rata-rata 300-600 kali. Atas permintaan jamaah, agenda kajian berganti materi yaitu Kajian Syarh Hadits Arba'in An-Nawawiyyah; (saat ini terhenti pada Hadits ke-34).

Selama masa pandemi, terutama sejak September 2020, Kajian dilaksanakan sangat terbatas bagi pegawai BKPP. Agar para jamaah tidak ketinggalan materi, maka di masa pendemi, kajiannya bukan Syarh Hadits Arba'in, melain Kajian Kitab Nashoihul 'Ibad, dan Kitab Ta'limul Mutta'allim.

Koordinator pengajian, atau lebih tepatnya adalah relawan atau pejuang di Majlis ini, silih berganti mengikuti situasi kondisi tanpa rentang waktu tertentu. Setiap para pejuang dimutasi keluar BKPP, muncul pejuang yang mengganti secara alami. Para pejuang itu diantaranya: Hj. Suhartiningsuh, S.H., Dita Pradnya Paramita, S.E., Ak, M.M.,  Ariana Intan Nurlitarini, S.H. M Si., Madyaning Krisharyuli, S.Psi, Psi, M.Si., Hj. Efrida Mahdaleni, S.Psi, M.M., (pejuang selama pandemi), Evi Zulfia, S.E., (pejuang lintas situasi, lintas masa, lintas fungsi, di balik layar), dan Himawan Andi Kuntandi, S.E., M.Sc.

Mereka adalah pejuang yang sebenarnya, mereka memenuhi panggilan Alloh Jihadu fii sabilillahi bi amwalihim wa anfusihim. Mereka berjihad dengan harta, dan jiwa secara sendiri-sendiri atau saling membahu memprovokasi orang-orang untuk ngaji, "untuk kembali ke jalan yang benar", menyediakan snack, minum, menyiapkan tempat, menyiapkan IT (kreator IT Evi,  Madya, Dita) dengan harta mereka sendiri.

Selama pandemi Covid-19, kajian tetap diselenggarakan dengan jamaah terbatas dan dengan protokol kesehatan yang ketat, pernah juga diliburkan karena kondisi darurat, tetapi karena keinginan para jamaah, pengajian diselenggarakan setiap hari Jum’at malam pukul 20.00 WIB, secara daring. Pengajian memancar dari rumah pengasuh.

InsyaAlloh, waktu yang dipakai untuk pengajian masih dalam rentang waktu yang halal, karena Jumat pagi adalah waktu untuk olahraga Jum’at krida. Sementara para pegawai berolahraga sesuai minat, sedangkan anggota Majlis mengasah ruhaniayah dengan mengikuti kajian selama 60 menit.

Pada tahun 2021, Majlis Ta'lim berganti nama menjadi Majlis Ta'lim BKPSDM, dan berganti nama lagi menjadi Majlis Ta'lim Kenari 56. pada tahun 2022, bersamaan momentumnya dengan Kelahiran KORPRI Kota Yogyakarta, Pengasuh Majlis Ta'lim Kenari 56 diminta oleh Dewan Pengurus Korpri  Kota Yogyakarta, agar Korpri Kota Yogyakarta menyelenggarakan pengajian rutin yang waktunya dibarengkan dengan waktu pengajian Majlis Ta'lim Kenari 56, bertempat di Ruang III Sekretariat Korpri Kota Yogyakarta.

Live Youtube dari DPP

Pertengahan Maret 2023, pekan kedua, pengajian Majlis Ta'lim Korpri Kota Yogyakarta, tempatnya berpindah ke Ruang Raja Bagus Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yk, karena mengikuti keberadaan Sang Pengasuh. Sampai saat ini pengajian rutin berjalan diikuti pegawai DPP dan dapat diikuti live di akun youtube KORPRI KOTA JOGJA kode ID: 979 745 9104 Pass: 24434

"BARANGSIAPA YANG DIKEHENDAKI KEHIDUPANNYA BAIK, MAKA ALLOH AKAN MEMPERBAIKI AGAMA SESEORANG”  Man yuridillahu bihi khoiron yufaqqihhu fiddiin.

editor: Anny Dufi