Gelar Potensi Pertanian 2023 Segera Hadir di Komplek Balaikota Timoho Yogyakarta

Event tahunan Gelar Potensi Pertanian (GPP) 2023 segera hadir kembali. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Ir. Suyana didepan Penjabat Walikota Yogyakarta Singgih Raharjo, S.H., M.Ed. Ikut mendampingi Suyana, Kepala Bidang Pertanian sekaligus ketua  panitia Eny Sulistyowati, S.P. Audiensi GPP berlangsung di ruang kerja Pj. Walikota, komplek Balaikota Timoho pada Senin, 11 September 2023.

GPP merupakan kegiatan yang menampilkan semua potensi pertanian perkotaan dalam sebuah event. Kegiatan tahunan ini telah diselenggarakan oleh DPP sejak tahun 2017. Keberadaan GPP sangat ditunggu-tunggu oleh para petani dan masyarakat Kota Yogyakarta.  Bagi petani ini sebagai ajang dan wadah untuk menampilkan beberapa unggulan, inovasi dan kegiatan dan binaan dari Dinas. Sedangkan bagi masyarakat khususnya para pecinta tanaman, baik tanaman produksi maupun tanaman hias, ini kesempatan untuk berburu tanaman lokal dengan harga yang lebih murah. Itulah sebabnya tahun ini DPP banyak menampilkan kegiatan  petani dan pengolah hasil pertanian di Kota Yogyakarta. Tujuannya adalah sesuai dengan misi Pemerintah Kota Yogyakarta yaitu  mengembalikan geliat ekonomi dari sektor pertanian yang selama ini telah terpuruk akibat covid 19.

GPP tahun ini mengambil tema TABULAPOT (tanaman buah dalam pot), dengan jargon isa nandur, isa manen, isa ngedol. Hal tersebut sejalan dengan upaya mengatasi kendala keterbatasan lahan di kota Yogyakarta. Masyarakat akan kita edukasi bagaimana menanam di media yang terbatas tetapi tetap bisa berbuah dan menghasilkan. Harapan kita warga Kota Yogyakarta bisa panen buah di halamannya sendiri. Dimana buah atau sayur yang dihasilkan selain bisa dijual, juga sebagai upaya meningkatkan kebutuhan pangan dan gizi keluarga. Dalam gelaran nanti masyarakat akan mendapatkan Atraksi, Edukasi, Visualisasi, Sosialisasi

GPP bertujuan untuk mengembangkan potensi masyarakat Kota Yogyakarta dalam hal pertanian perkotaan, mengembangkan inovasi serta menyebarluaskan ilmu, teknologi, metode dan manajemen pertanian perkotaan, meningkatkan profesionalisme petani perkotaan, meningkatkan kebanggaan dan semangat pertanian di perkotaan, membangun jejaring kerjasama antar petani Kota Yogyakarta, meningkatkan kesejahteraan petani, menampilkan keberhasilan dan kemampuan petani perkotaan, memfasilitasi petani Kota Yogyakarta dalam menampilkan inovasi produk pertanian perkotaan.

Peserta GPP terdiri dari forum gapoktan kemantren (14), asosiasi dan komunitas petani kota (6): APSKY, APAKY, Olahan, Tabulampot, Aglaonema, dan Komda Petani milenial, OPD mitra DPP(8): Dinas Pariwisata, Dinas Kesehatan, Dinas PKU, Kemenag DIY, BMKG, BPSIP, BULOG dan BP3MBTP, sekolah dan kampus mitra Dinas (7): UGM, UPN, UST, UKDW, Polbangtan, SMKN 1 Pandak dan SMKN 1 Trucuk, mitra binaan dinas dan sektor swasta (15): KTNA, Koperasi madani, Sunpride, Panah Merah dll dengan total stand 50. Untuk kemudahan transaksi disiapkan QRIS di setiap stand, pilihan praktis cashless untuk pengunjung.

Anggaran bersumber dari DPA SKPD DPP tahun 2023. Pelaksanaan pada hari Jumat s.d. Minggu tanggal 15-17 September 2023, jam 08.00 – 16.00 WIB di Lapangan Balaikota Timoho Kota Yogyakarta dan Graha Pandawa.

Susunan Acara

Jum’at, 15 September 2023

- Pembukaan rangkaian Gelar Potensi Pertanian 2023

- Kontes Tanaman Hias Anggrek

- Kontes Tabulampot

- Pameran benih tanaman buah bersertifikat

- Gelar pameran hasil pertanian

- Gelar pameran teknologi pertanian

- Pameran produk olahan hasil pertanian

- Talkshow inspiratif :

Tabulampot solusi bertanam buah di lahan sempit (Asosiasi Tabulampot, UST, BP3MBTP, Pupuk Kujang, Indomaret, dan Bank Mandiri)

 

 Sabtu, 16 September 2023

- Kontes Tanaman Hias Anggrek

- Kontes Tabulampot

- Pameran benih tanaman buah bersertifikat

- Gelar pameran hasil pertanian

- Gelar pameran teknologi pertanian

- Pameran produk olahan hasil pertanian

- Talkshow inspiratif :

Sertifikasi Produk Olahan Hasil Pertanian dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing Produk Kelompok Tani (Dinas Kesehatan, Kementerian Agama Kanwil DIY dan Asosiasi Olahan)

- Konsultasi Tabulampot

 

Minggu, 17 September 2023

- Festival Petani Cilik

- Kontes Tanaman Hias Anggrek

- Kontes Tabulampot

- Kontes Tanaman Hias Aglaonema

- Pameran benih tanaman buah bersertifikat

- Gelar pameran hasil pertanian

- Gelar pameran teknologi pertanian

- Pameran produk olahan hasil pertanian

- Konsultasi Tabulampot

- Talkshow inspiratif :

Petani Milenial Penggerak Pertanian Masa Depan (Komda Petani Milenial, OJK, dan panah merah)

- Rangkaian pengumuman juara kontes

- Penutupan

 

Kontes Tanaman (Piala Walikota)

a. Kontes Anggrek (Tanggal 15 September 2023 di Graha Pandawa)

  • Jenis dan hibrida: Dendrobium, Phalaenopsis, Cattleya, Vandaceous, Oncidium, Paphiopedilum, Grammatophyllum
  • Kategori: Best of show, best of spesies, best oh hybrid dan best of section

b. Kontes Tabulampot (Tanggal 16 September 2023 di Halaman Balaikota)

  • Kelas A (expert): Alpukat, Leci, Durian, Manggis, Kelengkeng, Sirsak, Anggur, Apel, Kiwi, Black Sapote dan Memey Sapote
  • Kelas B (Lokal): Jambu air, Jambu biji, Belimbing, Jeruk, Sirkaya, Sawo, Rambutan, Buah Tin, Buah Berry, Mangga dan Pisang

c. Kontes Aglaonema (Tanggal 17 September 2023 di Graha Pandawa)

  • Kelas Regional: Juvenile (maks 9 daun), rumpun(min 3 batang) dan tunggal dewasa (min 10 daun)
  • Kelas lokal: rumpun(min 3 batang) dan tunggal dewasa (min 10 daun)

Ayo tunggu apalagi, segera persiapkan koleksi kalian untuk diikutkan dalam kontes. Tentunya hadiah yang disediakan panitia cukup fantastis mencapai puluhan juta rupiah. Jangan sampai kelewatan setiap event yang disajikan. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi panitia/DPP.