PAPARAN PROGRAM KERJA TAHUN 2024 DINAS PERTANIAN DAN PANGAN

Setiap Senin selepas apel pagi, agenda rutin jajaran Pejabat Struktural Dinas Pertanian dan Pangan (Dinpertangan) Kota Yogyakarta melaksanakan rapat kerja, di ruang rapat raja bagus, yang dipimpin langsung oleh Plt. Kepala Dinas Sukidi, M Si.

Pada kesempatan Senin, 11 Desember 2023 semua Kepala Bidang didampingi Ketua Tim Kerja dan Kasubbag mempresentasikan program kerja yang akan dilaksanakan pada tahun 2024. 

Sukidi dalam pengantarnya menyampaikan definisi Program Kerja adalah sistem perencanaan suatu kegiatan/acara dari suatu entitas untuk memberikan arah, sehingga semua agenda (rutin) menjadi terpadu/terintegrasi secara sistematis dalam mencapai tujuan bersama sesuai dengan visi dan misi.

Jenis program berdasarkan rentang waktu perencanaan adalah program kerja 1 periode dan program kerja untuk waktu tertentu. Jenis program kerja berdasarkan sifatnya adalah Kontinu (berkelanjutan) dan Insidental (kasuistik). Jenis program kerja berdasarkan target adalah; jangka panjang, jangka menengah, dan jangka pendek.

Tujuan penyusunan Program Kerja ini menurut Sukidi adalah membantu pencapaian visi dan misi Dinas, membantu mengatasi permasalahan, dan membantu meningkatkan kinerja organisasi. 

Adapun manfaat penyusunan Program Kerja adalah: Menumbuhkan jiwa korsa, semangat kebersamaan, rasa handarbeni dalam internal organisasi, menumbuhkan rasa tanggung jawab dalam tugas individu, dan mampu memperbaiki citra organisasi.

Pemaparan pertama dari Bidang Pangan disampaikan oleh Kepala Bidang Pangan Ir. Muhammad Imam Nurwahid, didampingi drh. Supriyanto, MVPH dan Yuanita Ariastuti, S.Pt. Selanjutnya pemaparan Bidang Pertanian disampaikan Kepala Bidang Pertanian Eny Sulistyowati, S.P. didampingi Mbari Ambarwati, S.P. dan Elys Triyana, S.P. Program Kerja Bidang Perikanan dan Kehewanan dipaparkan oleh Kepala Bidang Perikanan dan Kehewanan (PKH) drh. Sri Panggarti didampingi Laksmi Kuswandari, S.Pi. dan drh. Diah Ayu Utami.

Sekretariat ada 2 sub bagian yaitu masing-masing disampaikan oleh Kasubbag Umum dan Kepegawaian Tuti Setianingsih, A.Md dan Kasubbag Keuangan, Perencanaan, Evaluasi, dan Pelaporan Ashardini, S.E. S.TP., M.T.

Setelah pemaparan, rencana program kerja 2024 tersebut direview untuk dianalisa, didiskusikan dan disempurnakan bersama.