DINAS PERTANIAN DAN PANGAN STUDI TIRU KE DISPERTANIKAP KABUPATEN SEMARANG

Dinas Pertanian dan Pangan (Dinpertangan) Kota Yogyakarta melaksanakan kunjungan kerja ke Dinas Pertanian Perikanan dan Pangan (Dispertanikap) Kabupaten Semarang  pada Senin, 18 Desember 2023. Rombongan Dinpertangan  dipimpin oleh Kasubbag Keuangan Perencanaan Evaluasi dan Pelaporan, Ashardini ES, S.TP., M.T. Ikut membersamai diantaranya Siti Magfirotul Laelia, S.E., Ahli Pertama Perencana, Muhammad Arifin, Pengolah Data dan Informasi, Tri Yuni Pratiwi, A.Md. Akt., Verifikator Keuangan, Hariyadi, Pengolah Data dan Informasi, serta beberapa staf dan diterima oleh Sekretaris Dispertanikap, Suhartono, S.T., M.T. didampingi Kepala Bidang Perkebunan Ir. Dwi Erlina Estuningtyas, M.Si. di ruang aula 2.

Ashardini dalam pengantarnya menyampaikan bahwa maksud dan tujuan kunjungan ini adalah studi tiru dalam rangka meningkatkan pengetahuan secara komprehensif dalam pelaksanaan Ketatalaksanaan dan Kelembagaan, Penerapan Sistem Informasi Pengendalian Internal Pemerintah di Dinpertangan. 

Suhartono memaparkan potensi yang ada Dispertanikap yang memiliki SDM sejumlah 380 personel (PPL 140 personel). Terdapat 6 Bidang; yaitu Bidang Pangan, Bidang Pertanian, Bidang Perkebunan, Bidang Peternakan, Bidang Keswan dan Kesmavet, dan Bidang Perikanan. Sedangkan UPTD sejumlah 4 yaitu UPTD Pembibitan Pertanian, UPTD Terminal Agribisnis, UPTD Puskeswan RPH dan Pasar Hewan, dan UPTD Balai Benih Ikan.

Lahan pertanian yang dikelola lebih dari 2200 hektar yang tersebar diberbagai wilayah. Terdapat produk unggulan Dinas yaitu bunga Krisan, alpukat lokal Pluwang, Kopi Arabica, Durian Brongkal, dan sapi perah.

Setelah presentasi, dilanjutkan diskusi dan saling bertukar informasi, diantaranya aplikasi Srikandi (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi) yang sudah diterapkan disana.  Acara ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan dari Dinpertangan berupa Buku Profil Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta diserahkan ke Dispertanikap Kabupaten Semarang.