Pelatihan Budidaya Ikan Hias Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang di Balai Benih Ikan Nitikan

Jumat (23/2) Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta menerima kunjungan dari Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang. Kunjungan tersebut dalam rangka Pelatihan Budidaya Ikan Hias dengan peserta yang berjumlah 30 orang terdiri dari staf Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang, UPTD Perikanan Budidaya Air Tawar dan Air Payau, dan Komunitas Ikan Hias Tangerang.

Acara dibuka oleh drh. Sri Panggarti selaku Kabid Perikanan dan Kehewanan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, dilanjutkan dengan penyerahan simbolis cinderamata.

Penyampaian materi pertama oleh Depi Anjasmara, S.Pi dengan materi Budidaya Ikan African Cichlid. Disampaikan teknis persiapan budidaya dari jenis-jenis ikan Cichlid, persiapan kolam, pemilihan induk, perbedaan induk jantan dan betina, pemijahan ikan Ciclid dan perawatan kesehatan ikan.

Materi kedua disampaikan oleh Laksmi Kuswandari, S.Pi dengan materi Budidaya Ikan Mas Koki dan Ikan Komet, dilanjutkan materi ketiga oleh Triyanto denga materi Budidaya Pakan Alami.

Peserta Pelatihan Budidaya Ikan Hias juga melakukan studi lapangan dengan melihat langsung aktivitas budidaya yang ada di Balai Benih Ikan Nitikan.

Dalam mengakhiri Pelatihan Budidaya Ikan Hias, acara ditutup dengan penyampaian ucapan terima kasih oleh H Jainudin, S.T., M.M selaku Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, baik dinas maupun kelompok dapat semakin sinergi dalam mewujudkan perikanan yang lebih maju