Pelayanan Terpadu Kesehatan Hewan pada Kuda Andong

 

Rabu (28/2) Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta melalui Bidang Perikanan dan Kehewanan melaksanakan kegiatan Pelayanan Terpadu Kesehatan Hewan (Yanduwan) pada kuda di nDalem Yudhonegaran, Prawirodirjan, Gondomanan. Persiapan kegiatan tersebut dilaksanakan satu hari sebelumnya yang dipimpin oleh drh. Sri Panggarti selaku Kepala Bidang Perikanan dan Kehewanan. Tujuan dilaksanakan kegiatan ini sebagai upaya menjamin kesehatan kuda andong dalam mendukung Pariwisata di Kota Yogyakarta. Pada kesempatan ini turut dihadiri oleh Dr. drh. Yuriadi, M.P. dari PORDASI (Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia).

Disampaikan drh. Imam Abror selaku dokter hewan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, kegiatan ini merupakan kegiatan perdana dan bentuk tindak lanjut dari sarasehan dengan paguyuban andong dengan Dinas Pertanian dan Pangan pada tahun 2023. Pelaksanaan Yanduwan  dimulai dengan pemeriksaan kuda, pemberian vitamin, obat cacing dan pembagian desinfektan yang bertujuan untuk menjaga kesehatan kuda yang ada di Kota Yogyakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh paguyuban kuda andong di Kota Yogyakarta dengan total 43 ekor.

Selain itu, Ketua Paguyuban Andong DIY yang beroperasional di Malioboro, Bapak Purwanto menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta beserta seluruh pihak atas suksesnya kegiatan pelayanan terpadu kesehatan hewan (yanduwan) pada kuda andong, semoga kegiatan ini bisa terus berjalan dan sinergitas ini juga bisa langgeng.