Studi Tiru RPH Giwangan Kota Yogyakarta Oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen

Kamis (7/3) Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta kedatangan tamu dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen sejumlah 9 (sembilan) orang. Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten KebumenĀ  bermaksud melakukan kunjungan kerja dalam rangka studi tiru di Rumah Potong Hewan (RPH) Giwangan.

Rombongan diterima oleh drh. Sri Panggarti selaku Kepala Bidang Perikanan dan Kehewanan di Ruang Raja Bagus didampingi drh. Diah Ayu Utami dan drh. Muhammad Arifin.

Rombongan dipimpin oleh Teguh Yuliono, S.T., M.Si selaku Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen. Beliau menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Kebumen pada tahun ini akan melaksanakan Renovasi RPH dan untuk memperoleh acuan dalam renovasi yang sesuai standar teknis dan penerapannya sebagai sarana penyediaan daging yang ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal) dilakukan studi tiru ke RPH milik Pemerintah Kota Yogyakarta.

drh. Sri Panggarti memaparkan tentang RPH Giwangan Kota Yogyakarta meliputi profil RPH, sistem kerja, pengguna layanan RPH, alur produksi dan pengolahan limbah kemudian dilanjutkan dengan diskusi terkait permasalahan dan solusi yang dapat ditempuh dalam pengelolaan RPH.

Selanjutnya, Rombongan didampingi drh. Muhammad Arifin berkeliling RPH Giwangan untuk melihat secara langsung kondisi di RPH Giwangan baik itu bangunan, peralatan, pelaksanaan pemotongan, lingkungan, dll.