BBP Giwangan dan koperasi Jambu Wakili Kota Yogyakarta Maju Lomba tingkat DIY

Selasa (14/5) Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta mengikuti Penilaian Penghargaan Pertanian Berprestasi Tingkat DIY Tahun 2024 yang diadakan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ada 5 kategori lomba yaitu Petani Berprestasi, Gapoktan Berprestasi, Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP) Berprestasi, Penyuluh Berprestasi (PNS), Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Berprestasi. Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta mengikuti 2 kategori penilaian, yaitu Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Berprestasi dan kategori Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP) Berprestasi.

BPP Giwangan mengikuti seleksi Kategori BPP Berprestasi. BPP beralamat di gang Kamboja I, Nitikan, Sorosutan, Umbulharjo dan merupakan tipe madya, dengan Koordinator Penyuluh adalah Mbari Ambarwati, S.P. Penyuluh ASN terdiri 15 orang, Penyuluh Pertanian Swadaya ada 33 orang. Terdapat 288 Kelompok Tani, 45 Gapoktan, 14 Forum Gapoktan, dan 3 asosiasi.

Kategori KEP Berprestasi diwakili oleh Koperasi Produksi Mitra Mandiri Jambu beralamat di Gemblakan atas, Suryatmajan, Danurejan.

Ceremonial Penilaian dibuka oleh Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta Drs. Kadri Renggono, M.Si. didampingi  Kepala Bidang Pertanian Eny Sulistyowati, S.P. Sambutan mewakili MPP Kemantren Umbulharjo adalah Heny Candra Dewi, S.I.P., M.Eng. (Kepala Jawatan Kemakmuran). Sambutan Kepala DKPP DIY diwakili Kepala Seksi Penyuluhan Ir. Restu Sawitri.

Paparan profil BPP disampaikan oleh Mbari Ambarwati, S.P. Pihaknya menyampaikan dalam persiapan penilaian ini setidaknya menyiapkan diri dalam waktu 4 bulan. Selanjutnya Tim Penilai melakukan wawancara dan menilai kelengkapan administrasi dari 2 tahun sebelumnya. Tim berkeliling menilai produk tanaman hasil inovasi PPL yang terdisplay di depan kantor BPP. Terdapat greenhouse aglaonema, anggrek, hidroponik sayuran dan melon, tanaman cabai yang sedang berbuah lebat dengan aplikasi tanaman balakacida, jagung pulut ungu, kobis, dan tanaman lainnya.

Menutup penilaian Tim Penilai diajak ke Dewaponik Kotagede, yang dikelola Petani Milenial binaan BPP Giwangan, Ahmad Ardan Ardiyanto, menginisiasi sayuran hidroponik. Ardan saat ini mengikuti seleksi Young Ambassador Agriculture Program YESS Tahun 2024 mewakili Kota Yogyakarta.

Kategori Kelembagaan Ekonomi Pertanian Berprestasi

Koperasi Produksi Mitra Mandiri Jambu dari Gemblakan Atas, Suryatmajan, Danurejan mewakili Kota Yogyakarta dalam ajang Penilaian Penghargaan Pertanian Berprestasi Tingkat Provinsi DIY Tahun 2024 kategori Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP) Berprestasi.

Meski tergolong muda, Koperasi yg lahir pada 2023 yang dipandegani oleh Rina Supadmi ini telah mendapat beberapa prestasi, diawali dari Kelompok Tani pada tahun 2019 yang diketuai  Sumaryadi, merupakan binaan PPL Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta.
Anggota koperasi berjumlah 26 orang. Mereka tertarik memilih jambu selain sejarah  demografi, juga karena kaya nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Saat ini telah menciptakan 17 varian produk, dengan unggulannya yaitu sambal jambu, dodol jambu, keripik daun jambu, egg roll jambu, stik jambu, selai jambu, cookies jambu. Pemasaran telah menembus gerai oleh-oleh, selain melalui online (instagram), dan ajang promosi lainnya.