Inovasi Variasi Menu Olahan Ikan melalui Bimtek Olahan Ikan

Dalam rangka peningkatan Angka Konsumsi Ikan dan melaksanakan edaran dari Pj. Walikota Yogyakarta terkait Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Kota Yogyakarta, Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta melaksanakan Bimtek Olahan Ikan yang diselenggarakan pada Rabu (19/6) dan Kamis (20/6) sebanyak 2 angkatan masing-masing 30 peserta. Peserta berasal dari pengelola Dapur Balita dan anggota kelompok pengolah dan pemasar ikan di Kota Yogyakarta dengan menghadirkan 2 orang narasumber dari STP AMPTA.

Dalam sambutan Plt Kepala Dinas, Sukidi, S.E., M.Si dan Kepala Bidang Perikanan dan Kehewanan drh Sri Panggarti, disampaikan bahwa dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menambah keberagaman olahan ikan yang dilaksanakan di dapur balita sebagai salah satu upaya untuk menurunkan angka stunting tiap-tiap Kemantren di Kota Yogyakarta serta dapat menjadi ide bisnis olahan ikan bagi peserta bimtek.

Materi yang disampaikan diantaranya ciri-ciri dan pemilihan ikan yang segar dan aman dikonsumsi, penanganan dan penyimpanan ikan yang baik, teknik pengolahan ikan yang mudah serta inovasi pengolahan ikan khususnya menu untuk balita dan bisa diterapkan untuk usaha rumah tangga. Dilanjutkan demo olahan ikan dengan inovasi variasi menu olahan yaitu seafood kelapa bakar, dimsum, ekado, dan salad ikan.