Perlayanan Terpadu Kesehatan Hewan

Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta melalui Bidang Perikanan dan Kehewanan melaksanakan kegiatan Pelayanan Terpadu Kesehatan Hewan (Yanduwan) pada Selasa (13/8) sampai Jumat (16/8). Yanduwan merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tiga bulan sekali. Yanduwan kali ini dilaksanakan dengan kegiatan pemeriksaan kesehatan hewan, vaksinasi PMK pada sapi dan kambing/domba, pemasangan eartag pada sapi yang sudah divaksin dan pengobatan pada ternak yang sakit.

Kegiatan Yanduwan dilakukan di Kelompok ternak dan peternak sapi dan kambing/domba di lima kemantren yaitu Kemantren Umbulharjo, Kotagede, Tegalrejo, Wirobrajan, dan Mergangsan. Petugas mendatangi peternak sekaligus memeriksa ternak yang akan divaksin, jika ternak telah dinyatakan sehat selanjutnya dilakukan penyuntikan vaksin dan diberi eartag. Vaksinasi PMK dilakukan secara bertahap dan berulang (booster) ke semua ternak sapi dan kambing/domba agar terlindungi dari penyakit PMK dan memberi rasa aman terhadap peternak dan masyarakat.

drh. Sri Panggarti selaku Kepala Bidang Perikanan dan Kehewanan menyampaikan kegiatan Yanduwan adalah program pelayanan kesehatan hewan rutin yang dilakukan oleh Dinas Pertanian dan Pangan untuk mewujudkan ternak yang sehat dan bebas dari penyakit di wilayah Kota Yogyakarta. Peternak menantikan kegiatan ini karena dengan adanya Yanduwan peternak menjadi terbantu dan kondisi kesehatan ternak mereka terpantau oleh petugas. Peternak berharap kedepannya program ini terus berlangsung dan semoga dengan terselenggaranya program ini dapat menjadikan hubungan timbal balik yang baik antara Dinas dan Peternak guna terwujudnya kesehatan hewan di Kota Yogyakarta.